LibreOffice 4.0 Telah Rilis

Aplikasi perkantoran bebas LibreOffice 4.0 telah rilis, menyertakan banyak perbaikan pada semua komponennya seperti  Writer, Calc, Impress dan lainnya. Peningkatan pada Office generasi baru ini terutama pada filter Import dan Export termasuk fitur preview untuk grafis.

Android Sebagai Pengendali Impress
Android Sebagai Pengendali Impress

Bila dibandingkan dengan versi LibreOffice 3.6.x sebelumnya, versi 4.0 ini tidak memperlihatkan perbedaan yang berarti dari sisi penampilan, namun sejatinya produk bebas ini telah mengantongi banyak peningkatan. Disamping dukungan pada standar CMIS (Content Management Interoperability Services), paket office bebas ini juga mendukung lebih baik sofware-software perkantoran lainnya, termasuk interoperabilitas dengan sistem pengelola dokumen Alfresco, IBM FileNet P8, Microsoft Sharepoint Server 2010/2013, Nuxeo dan OpenText.

Yang menarik dan baru kali ini, adalah fitur yang memungkinkan pengendalian presentasi Impress menggunakan smartphone Android sebagai pengganti remote control. Empat jenis font bebas juga ditambahkan yaitu: Open Sans (Ascender), PT Serif (ParaType), Source Code Pro dan Source Sans Pro (keduanya dari Adobe).

Pada pengelola kata Writer sekarang bisa ditambahkan teks ditandai sebagai komentar, dimana sebelumnya berupa sebuah anker. Halaman pertama sebuah dokumen dapat dibubuhi kop-surat dan catatan kaki yang berbeda dengan halaman-halaman berikutnya. Fitur ini bermafaat bagi penulis naskah buku.

Fitur penghitung jumlah kata “Word Count” bisa untuk menghitung kata dari bagian dokumen ditandai dengan separator secara individual menggantikan fungsi penandaan standar sebelumnya. Sementara format Docx kini mendapatkan didukungan lebih sempurna di Writer, terutama pada dokumen yang diimpor dan tabel yang ditanamkan di teks atau pada penempatan obyek kotak OLE.

Dokumen asal Word, baik Docx maupun RTF yang dibuat di tablet dan telah dibubuhi catatan menggunakan pensil, sekarang bisa dikenali oleh Writer saat diimpor. Formula matematika di berkas RTF dapat dimpor dan diekspor, termasuk obyek berupa gambar dari Microsoft Word 6 dan 7. Sebuah modul baru untuk pembuatan Logo dengan kualitas DTP (Desktop publishing software) juga telah diintegrasikan pada LibreOffice 4.0.

Spreadsheet Calc bisa diekspor berupa berkas PDF, sementara grafik pada Chart dapat disulap ke format gambar JPG atau PNG. Proses impor spreadsheet kini lebih cepat dengan menampilkan hasil hasil kalkulasi asal dari dokumen yang diimpor pada saat dokumen dibuka di LibreOffice. Sebelumnya dilakukan proses kalkulasi ulang setelah diimpor yang membutuhkan waktu pemsosesan dan adakalanya menunjukkan nilai yang berbeda, terutama pada lembaran dengan menggunakan formula sangat kompleks.

Aplikasi Impress sebagai padanan untuk PowerPoint dapat menyimpan status dari Sidebar. Berkat perbaikan interaksi dengan Gstreamer, LibreOffice diklaim lebih cepat dalam menampilkan media bila dijalankan di Linux. Salah satu fitur baru yang disebutkan diatas, memanfaatkan telepon pintar Android sebagai sebagai perangkat remote merupakan hasil dari ajang kompetisi “Google Summer of Code 2012” yang dikembangkan oleh Andrzej Hunt. Kelebihan perangkat ini terletak pada kemudahan pimilihan slide dari gambar preview yang ditampilkan dilayar sentuh Android. Komunikasi Android dengan komputer, laptop atau lainnya yang menjalankan Impress, berlangsung via Bluetooth.

Secara keseluruhan filter impor dan ekspor untuk MS Office di LibreOffice 4.0 termasuk yang paling banyak mendapatkan perbaikan. LibreOffice 4.0 mampu menangani nyaris semua format data untuk Visio, mulai dari versi Visio 1.0 sampai dengan MS Visio 2013. Kecuali itu, filter untuk mengimpor MS Publisher jaga tersedia pada versi LibreOffice yang baru terbit ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s