Inspiring Open Innovation

Inovasi Manfaatkan Sumber Terbuka (Open reSources)

bundar-glx-200Semangat Open Source awalnya lazim diterapkan di lingkungan pengembangan piranti lunak (F/OSS) dan telah berhasil membuahkan banyak inovasi.  Selanjutnya F/OSS piawai diterapkan di berbagai sektor industri, terutama yang berkaitan dengan dunia industri kreatif, termasuk di lingkungan sosial dan budaya. Linux adalah salah satu contoh selibritis dari ratusan ribu proyek sumber terbuka (F/OSS) yang diinangkan di sejumlah institusi dan dapat diakses secara global. GudangLinux Indonesia sejak dini (1998) diantara jutaan aktivis lainnya, menggeluti dan berperan dalam penyampaian pemahaman Open Source di Indonesia.

Keberhasilan filsafat Open Source, dengan budaya gotong royong-nya, yang bebas dan terbuka, telah menjadikan F/OSS sebagai salah satu pemicu utama dalam percepatan inovasi. Hal ini sekarang telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam masyarakat pengembang untuk mendorong tumbuhnya industri kreatif secara berkesinambungan.

Di lingkungan pendidikan, contoh materi yang inovatif dapat memberikan inspirasi, disamping mendorong pertumbuhan kreativitas para “makers“, maupun individu inovatif dalam rangka menciptakan produk-produk sukses yang tepat sasaran dan diinginkan oleh masyarakat.

Perubahan dinamika menuju keterbukaan dan motivasi dalam menciptakan dan merancang produk, juga telah membuka peluang untuk kehadiran kreativitas baru. Inspirasi menjadi penting, sementara materi berbasis sumber terbuka semakin mudah dijangkau, baik berupa piranti lunak (OSS = Open Source Software) maupun perangkat keras (OSHW = Open Source Hardware), juga di sektor pertanian melalui Benih Open Source (BOS) atau OSS (Open Source Seed). Ketersediaan Internet yang kian membaik, telah mendukung terciptanya Industri Kreatif terutaman dibidang produk berbasis Teknologi, namun tidak kurang pentingnya pada produk dari lingkungan seni rupa dan budaya. Situs-situs yang dikelola GudangLinux berupaya merekam kreativitas terbuka, memperkaya dan memperluas ruang inspirasi menuju inovasi.

Situs ini diharapkan dapat mengilhami sebuah inovasi dalam menciptakan produk dan layanan baru. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.