AOSI Open Knowledge 2013: Implementasi Alfresco

Ajang Pelatihan Terbuka pertama “AOSI Open Knowledge 2013” telah usai. Training dengan topik “Implementasi ALFRESCO” yang dilaksanakan tepat jadwal ini mendapatkan sambutan baik dari peserta yang bergabung di Tentara Pelajar 5, Jakarta Selatan pada tanggal 23 Januari 2013 lalu mulai jam 09:00 s/d 16:00 WIB.

AOSI Open Knowledge 2013 #1: "Impelementasi Alfresco"
AOSI Open Knowledge 2013 #1: “Impelementasi Alfresco”

“Training Alfresco” mengawali serangkaian program AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia) dengan tujuan untuk mengenalkan, dan menciptakan sebuah ajang Open Knowledge Transfer & Exchange di sektor TI secara menyeluruh, termasuk pengetahuan dasar, sistem, implementasi dan pemeliharaan, baik kepada atau antar anggota AOSI maupun publik. Training Alfresco kali ini menekankan cara instalasi, penggunaan dan setting konfigurasi terkait Alfresco, ditambah dengan pengenalan Liferay.

Materi Training Alfresco dibawakan oleh Ibu Tiur Lumban Gaol dari PT. Softbless, dengan jumlah peserta training sebanyak 19 peserta yang hadir. Kelengkapan yang diberikan selama pelatihan ini berlangsung adalah: Modul Alfresco, Absensi, Feedback Form, Snack dan tidak melupakan acara Makan Siang dan penyerahan Sertifikat.

Sebagaimana dilaporkan AOSI, training dimulai pada jam 8.30 dan dibuka oleh Bapak Ifik Arifin dari Inixindo, sedangkan materi Alfresco dibawakan oleh ibu Tiur Lumban Gaol dengan dua kolaborator dari PT. Softbless Indonesia.

Materi Training Alfresco yang dirangkum dan disampai kepada peserta termasuk:

  • User Options, dimana pengguna dapat melakukan perubahan pada user profile admin yang berkaitan dengan info, site content dan change password. Disamping cara Kustomisasi Dashboard (dashlet Getting Started, My Document dan Content Editing) dan ditutup dengan pelatihan eksekusi selama 10 menit.
  • Content dan Space, terdiri dari Space2, Content, dan Hak Akses untuk kedua fitur tersebut, menjelaskan cara penanganan fungsi-fungsi dasar dari sistem pengelolaan dokumen sumber terbuka Alfresco lebih rinci.
  • Fitur lain Alfresco yang dibedah pada kesempatan yang sama termasuk: Edit Content, Searching, Rules & Aspect, dan Workflow yang semuanya disertai dengan pelatihan mengeksekusi setiap fitur yang dibahas. Sudah tentu setiap pertanyaan yang muncul selama pelatihan berlangsung mendapatkan penjelasan dari Ibu Tiur.

Seusai acara utama pelatihan, dilanjutkan dengan tips dan triks seputar penggunaan dan pemeliharaan sistem Alfresco antara lain: cara melakukan backup aplikasi dan database, setting email pada alfresco, perubahan path direktori penyimpanan dan melakukan perubahan konfigurasi pada Alfresco.

Sebelum Sertifikat diserahkan, Ibu Tiur menyempatkan sebuah demo singkat mengenai aplikasi Liferay, yaitu sebuah aplikasi portal atau kerangka kerja yang sering disebut sebagai Content Management Framwork atau Web Application Framework.

Simak “Laporan Training Alfresco” lebih rinci disini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s