Ubuntu 20.04 LTS “Focal Fossa”

Komunitas Ubuntu merilis distribusi Linux Ubuntu 20.04 LTS “Focal Fossa” sesuai jadwal. Rilis kali ini menyediakan dukungan jangka panjang (LTS) disamping memperkenalkan beberapa inovasi baru.

Salah satunya adalah proses awal (start) yang lebih cepat, opsional tema gelap sebagai antarmuka pengguna dan Wireguard VPN disamping inovasi-inovasi lainnya. Rilis yang telah tersedia sejak 23 April 2020 juga merupakan rilis LTS pertama yang dapat diinstal pada sistem file ZFS, walaupun fitur ZFS ini masih dalam status eksperimental.

Proses awal dari Ubuntu Desktop 20.04 dilakukan dengan mempercepat proses boot, antara lain dengan memanfaatkan format kompresi yang berbeda untuk file kernel. Alhasil, waktu yang dibutuhkan untuk membongkar pada saat boot menjadi lebih cepat dibandingkan pesaing-nya. Proses boot juga secara mulus beralih dari UEFI BIOS ke sistem Ubuntu dengan tampilan lebih menarik.

ubuntu-20.04

Ubuntu 20.04 LTS “Focal Fossa” – Credit: DistroWatch

Canonical, perusahaan di balik Ubuntu mengembangkan versi desktop Gnome, versi Cina Kylin, versi server dan versi cloud secara langsung sebagai bagian dari versi resmi 20.04 LTS “Focal Fossa” dan memberikan dukungan perbaikan paling tidak selama lima tahun.

Komposisi dasar sebagai basis untuk semua varian adalah kernel Linux, yang didasarkan pada Linux 5.4 ditambahkan WireGuard, AUFS5 dan rangkaian driver yang telah di modifikasi. Sebagian besar perangkat lunak yang dikemas telah diperbarui ke versi terkini. Terutama dilakukan pada glibc 2.31, Python 3.8.2, Ruby 2.7.0, PHP 7.4 dan Perl 5.30 yang telah di aktualisasi. Untuk para pengembang, disediakan OpenJDK 11, rustc 1.41, GCC 9.3 dan golang 1.13. Python 2.7 tersedia di arsip.

Dukungan untuk ZFS berkat sistem file root sekarang sebagian besar telah rampung, memungkinkan sistem file yang di enkripsi. Perkakas Zsys dapat digunakan untuk membuat snapshot, dan dapat diatur ulang jika perlu. Fitur ini juga di instal di GRUB boot loader, sehingga pengguna dapat kembali ke kondisi sebelumnya pada saat booting. Sistem file baru yang di integrasikan Ubuntu adalah exFAT, virtio-fs dan fs-verity. Untuk dukungan perangkat keras, Ubuntu menyediakan dukungan untuk Raspberry Pi 4 yang telah ditingkatkan.

Jika saat ini Anda masing menjalankan Ubuntu 19.04 atau versi lebih uzur pada mesin 32-bit, sistem Anda tidak lagi didukung untuk ditingkatkan ke versi 20.04 karena sekarang dukungan untuk sistem x86 32-bit telah dihentikan.

Pada rilis server ditawarkan Ubuntu OpenStack Ussuri, qemu 4.2, libvirt 6.0, DPDK 19.11.1 dan segudang paket perangkat lunak server lainnya. Untuk Cluster ketersediaan tinggi (high available) kini diperkuat dengan peningkatan ke versi Corosync 3.0 dan Pacemaker 2.0.

Pada rilis desktop, Focal Fossa membawa pembaruan ke versi Gnome 3.36 dengan penyesuaian visual, mode “jangan ganggu”, penskalaan layar tanpa batas (seamless) dan pembaruan pada semua aplikasi yang disertakan. Tema Yaru telah diperbarui dan menyediakan mode gelap. LibreOffice dikemas dalam versi 6.4, Firefox di versi 75, dan PulseAudio diperbarui ke versi pra-rilis 14.0.

Semua jenis varian resmi diterbitkan pada versi 20.04 seperti Kubuntu menghadirkan Plasma 5.18 LTS sebagai Desktop. Suite PIM KDE tidak lagi disertakan dalam cetakan CD dan Kubuntu tidak mendukung instalasi menggunakan sistem file ZFS. Plasma dapat dicoba di bawah Wayland, namun hal ini tidak disarankan untuk digunakan kegiatan produktif. Selain itu, semua perpustakaan KDE4 telah dihapus, termasuk dukungan untuk aplikasi KDE4.

Ubuntu Mate telah diperbarui ke Mate 1.24. Seperti halnya di Ubuntu 19.10, versi ini sangat fokus pada masalah kecil yang membuatnya lebih rumit untuk digunakan daripada seharusnya.

Ubuntu Studio menggunakan Xfce seperti pada Xubuntu sebagai desktop. Ubuntu Studio Controls telah diperbarui ke versi 1.12.4. Segudang aplikasi multimedia dan kreatif telah mendapatkan pembaruan, disamping mempromosikan kembali MyPaint ke instalasi default.

Xubuntu tetap bertahan dengan Xfce 4.14. Sememtara tema baru “Greybird”, yang juga disediakan dalam tampilan gelap sebagai pilihan.

Lubuntu masih memperdayakan LxQt 0.14.1. Pada hakekatnya tidak banyak terjadi perubahan, kecuali pada pembaruan aplikasi dan pada penginstal Calamares.

Ubuntu Budgie memasang Budgie yaitu turunan dari Gnome 3.10 yang dibesut oleh Solus, sebagai desktop default. Budgie sekarang tersedia dalam versi 10.5.1 dan didasarkan pada Gnome 3.36. Beberapa aplikasi telah ditingkatkan dan dioptimalkan.

Ubuntu Kylin, varian untuk pengguna China, hadir sebagai versi baru dengan lingkungan desktop UKUI, yang sarat dengan perbaikan.

Simak catatan rilis, dan unduh cetakan cd disini