OpenSUSE Leap 15 Gaya SLE

Tim pengembang OpenSUSE merilis OpenSUSE Leap 15 bersamaan dengan pembukaan Konferensi OpenSUSE di Praha pada tanggal 25 Mei 2018. Versi baru ini menghadirkan banyak pilihan perangkat lunak, sejumlah pembaruan pada sistem transaksi, server, dan di banyak sisi lainnya.

OpenSUSE Leap 15 ini, hadir sekitar sepuluh bulan setelah versi terakhir OpenSUSE Leap 42.3. Penomoran versi 15 erat terkait dengan indikasi bahwa OpenSUSE dibangun berdasarkan pada edisi skala perusahan SUSE Linux Enterprise (SLE) 15. Penomoran 13 dan 14 diabaikan, barangkali didasarkan atas takhyul bahwa nomor 13, juga angka 4 di belahan bumi tertentu yang suka dikaitkan dengan ketidak beruntungan.

Tampilan desktop OpenSUSE Leap 15 kini lebih segar, meniru gaya desktop SLE. Sementara server pada OpenSUSE, kini lebih mudah di migrasikan ke SLE 15. Dalam hal stabilitas sistem, OpenSUSE 15 memanfaatkan sistem Open Build Service dan OpenQA, yang telah terbukti digunakan dalam pengujian komprehensif dan jaminan kualitas pada SLE.

Kemudahan juga diberikan untuk semua versi Leap agar bisa dengan mulus beralih ke Leap 15. Yang baru lainnya di Leap 15, termasuk perbaikan pada YaST dan AutoYaST dan tersedianya pilihan peran sistem, seperti server klasik atau server transaksi.

Desktop Gnome 3.26 yang disematkan secara default menggunakan Wayland, sementara untuk desktop Plasma tetap menggunakan X.org dengan versi Plasma dukungan jangka panjang 5.12 LTS. Untuk kali pertama Gnome dikapalkan bersama Gnome Builder, yang dirancang untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi Gnome. Kecuali itu, banyak lingkungan desktop lainnya yang tersedia untuk OpenSUSE di lumbung repositori.

Kernel yang dikemas OpenSUSE adalah Linux 4.12, sama persis dengan yang digunakan untuk SLE 15. Segudang paket perangkat lunak aplikasi juga tersedia, baik dalam cetakan DVD maupun secara daring, dan pada umumnya adalah sama dengan paket untuk SLE 15 dan senantiasa diperbarui. Beberapa paket yang disertakan atau tersedia, antara lain adalah Systemd 234, GCC 7, PHP 7, LibreOffice 6.0, Chromium 66, Firefox 60, Thunderbird 52.8 dan VLC 3.0.

OpenSUSE Leap 15 tersedia dalam bentuk cetakan DVD ISO yang dapat diunduh dari opensuse.org. Untuk arsitektur intel, OpenSUSE hanya mendukung x86_64. Sementara untuk arsitektur ARM64 dan POWER akan disusulkan. Distribusi versi ini akan dipertahankan selama tiga tahun dengan pembaruan yang berkelanjutan, setiap enam bulan sekali, berikut koleksi pembaruan, seperti lazim pada Debian, RHEL / CentOS atau Ubuntu.

Iklan