Red Hat Enterprise Linux 7.5 Tingkatkan Keamanan Kontainer

Red Hat Enterprise Linux 7.5 telah hadir membawa sejumlah peningkatan terutama dalam interoperabilitas dengan Windows Server dan Microsoft Azure, termasuk pada infrastruktur cloud hybrid, disamping perbaikan keamanan kontainer.

Versi anyar ini hadir delapan bulan setelah rilis Red Hat Enterprise Linux 7.4 dan bertepatan dengan ulang tahun ke 25 perusahaan Red Hat Inc baru-baru ini. Keunggulah pada versi RHEL 7.5 ini ditekankan pada dukungan terhadap awan hibrida atau “Hybride Clouds”. Untuk hal itu dilakukan peningkatan persyaratan keamanan, yang diterapkan melalui integrasi OpenCap dengan otomatisasi Red Hat Ansible. Dengan demikian Ansible-Playbooks dapat dibuat langsung dari Openscap-Scans. Red Hat Enterprise Linux 7.5 juga melakukan peningkatan interoperabilitas terutama terhadap Windows Server dan Microsoft Azure.

Pada versi RHEL baru ini ditingkatkan kemampuan integrasi pada infrastruktur berbasis Windows. Transfer data dengan Microsoft Azure disebutkan lebih aman, dan implementasi Windows Server dimudahkan dengan sistem manajemen dan berbagi data yang diperbaiki. Red Hat menjanjikan kinerja yang lebih baik pada arsitektur Microsoft Active Directory ukuran besar.

Enkripsi Disk sekarang mendukung dekripsi secara otomatis pada volume data, sehingga frasa sandi tidak lagi perlu dimasukkan pada saat awal akses server apabila ia berada dalam jaringan yang tepercaya. Dalam versi baru ini, pengoptimal Data Virtual dapat mengurangi redundansi data melalui deduplikasi dan kompresi. Hal ini dapat memberi manfaat untuk mengurangi beban biaya di lingkungan cloud.

Rilis baru ini juga bertujuan untuk meningkatkan keamanan pada kontainer. RHEL 7.5 menyediakan keamanan proaktif dan konfigurasi kepatuhan “Compliance-Configuration” dan kontrol akses pada lapisan host. Tidak terlupakan adalah dukungan untuk perkakas open source Buildah, yang berguna pada pembuatan cetakan kontainer “Container-Images”, diklaim dapat digunakan tanpa melibatkan Container-Runtime sepenuhnya.

Iklan