Ubuntu 17.04 Zesty Zapus

Komunitas pengembang Ubuntu luncurkan distribusi Linux Ubuntu 17.04 “Zesty Zapus” sesuai jadwal, mengemas aneka pembaruan dan sejumlah perbaikan. Sebagai tambahan, kini tersedia pilihan Budgie sebagai desktop default.

Dari perusahaan Canonical pedukung dibalik Ubuntu, tersedia selain sistem inti, dengan versi desktop Unity, juga versi Kylin untuk pasar Cina yang semuanya mereka kembangkan secara langsung, disamping versi server dan varian terkait untuk komputasi awan. Semua varian tersebut telah resmi tersedia dan siap untuk diunduh pada bulan April 2017 lalu, berikut serangkaian varian lainnya seperti Kubuntu, Xubuntu, Ubuntu Mate, Lubuntu dan Ubuntu Studio.

Sebagai basis sistem operasi pada semua varian di berdayakan kernel Linux versi 4.10. Sementara sebagian besar dari perangkat lunak dan aplikasi yang disertakan mendapat pembaruan dan perbaikan. Spasi swap yang dibangun pada instalasi baru dibuat berupa berkas atau swap file, bukannya dalam bentuk partisi (swap partition) seperti halnya pada sistem Linux umumnya.

Ubuntu 17.04 memiliki sistem pencetakan (printer) yang diproses tanpa menggunakan driver. Bagi sebagian besar printer generasi baru yang mendukung IPP Everywhere atau Apple AirPrint, atau yang bisa memroses PDF, PostScript dan PCL, kali ini tidak lagi diperlukan driver secara khusus.

Pada edisi server Ubuntu menyediakan paket OpenStack Ocata, qemu 2.8, libvirt 2.5, LXD 2.12, DPDK 16.11.1 dan segudang paket perangkat lunak server lainnya. Pada desktop di versi ini diutamakan perbaikan dan pembaruan. Misalnya Unity masih berkutat pada versi 7.5, sementara Unity 8 disediakan sebagai sebagai alternatif untuk diuji coba. Kontribusi aplikasi Gnome sebagian besar memanfaatkan versi 3.24. Pengecualian adalah beberapa paket software seperti file manager Nautilus (3.20), Terminal (3,20), Evolution (3.22) dan LibreOffice tersedia dalam versi 5.3.

Kubuntu, salah satu anggota keluarga Ubuntu menyediakan desktop KDE plasma versi 5.9 dan aplikasi KDE dalam versi 16.12.3. Pengecualian adalah aplikasi KDE PIM yang tetap pada versi 16.04.3. Sebagai pondasi digunakan KDE Frameworks 5.31. Software lainnya termasuk Calligra 3.0.1, versi terbaru dari Krita, sebuah porting menggunakan Qt 5 untuk versi preview dari K3B dan KDevelop 5.0.

Lubuntu masih kosisten memanfaatkan desktop LXDE, namun perlahan mulai bergeser ke target desktop LxQt dimasa mendatang. Dibandingkan dengan versi Lubuntu 16.10 sebelumnya, dilakukan beberapa update, perbaikan bug dan pembaruan pada penampilannya.

Ubuntu Mate mengandung desktop Mate versi 1.18, yang sepenuhnya merupakan porting ke GTK+. Dari Elementary dicomot koleksi baru untuk ikon, sementara dari Solus diambil Brisk-Menu. Selain tema Mate yang disempurnakan, kini tersedia jenis tema gelap.

Seperti sebelumnya, Ubuntu Studio menggunakan sebagai edisi Xubuntu dengan desktop Xfce sebagai basis. Pada hakekatnya keluarga Ubuntu 17.04 dengan karakter figur “Zesty Zapus” ini datang tidak dengan hingar bingar ingin melakukan perubahan secara radikal, melainkan pengembangan yang stabil dan berkesinambungan dari rilis ke rilis berikutnya.

Update:

Artful Aardvark

Rilis Ubuntu 17.10 bulan Oktober 2017 mendapatkan nama julukan “Artful Aardvark” menyusul “Zesty Zapus” yang diduga kuat merupakan rilis terakhir mengemas desktop Unity secara default. Bagi pecinta Unity dipersilakan menggunakan Ubuntu 16.04 LTS yang menjanjikan dukungan cukup lama sampai dengan tahun 2021. Artful Aardvark yang dijadwalkan akan hadir pada bulan Oktober nanti, diperkirakan menggunakan Ubuntu Gnome sebagai standar. Seperti umumnya sebuah proyek open source, desktop-desktop lainnya masih akan dijumpai dengan dukungan bukan dari Canonical, melainkan dari komunitas gotong royong.

Iklan