Rilis CentOS Linux 6.9

Sekitar dua minggu setelah Red Hat merilis RHEL 6.9, saatnya tiba bagi CentOS untuk menerbitkan update ke 9 dari generasi RHEL 6 sebagai berupa CentOS 6.9.

CentOS Linux 6.9 didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dengan penomoran versi yang sama. Awalnya merupakan proyek independan dengan tujuan legalitas dengan mengnyingkirkan catatan merek dagang terdaftar milik Red Hat kemudian mengkompilasi ulang. Pada saat ini proyek pengembangan CentOS direstui dan secara langsung mendapatkan dukungan dari Red Hat. CentOS mendapakan paket kode sumber yang asli untuk membangun produk yang secara teknis 100% kompatibel dengan produk panutannya. Dengan demikian, versi baru dari CentOS dapat mengintegrasikan semua fitur-fitur baru yang dikemas dalam RHEL 6.9. Pembaruan kali ini antara lain adalah update untuk TLS 1.2, termasuk peningkatan keamanan berkomunikasi, dukungan untuk standar PCI-DSS terbaru. Pembaruan lainnya, termasuk perbaikan dalam pengelompokan wilayah Clustering dan virtualisasi berikut aneka tools baru.

Versi distribusi saat ini masih tetap didasarkan pada kernel Linux 2.6.32, namun mendapatkan banyak penambahan dan perbaikan. Terutama dalam hal dukungan terhadap hardware yang lebih moderen seperti driver baru untuk RealTek RTS5250S SD4.0, Marwell 88SE9230 controller dan perangkat cpuid.

Seperti biasanya, CentOS juga mengubah tampilan grafis dari berbagai dialog dan menghapus semua atribut dan teks pernyataan lisensi dan referensi terkait merek dagang Red Hat. Disamping itu dilakukan perubahan pada layanan dari aplikasi Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird. Sejumlah fitur yang tidak dibutuhkan pada versi bebas ditiadakan, seperti perkakas RHN dan pengelola berlangganan layanan (Subscription-Manager).

Untuk versi 6.9, CentOS menerbitkan paket terdiri dari 2 cetakan DVD untuk masing-masing arsitektur i386 dan x86_64 dan dapat diunduh dari ratusan server-server cermin yang tersebar diseluruh permukaan bumi.

Iklan