BlankOn 10 Tambora

Distro Indonesia BlankOn hadir lagi dan telah tersedia sejak awal tahun 2017 dengan nama Tambora berikut segudang pembaruan. Pengembang utama BlankOn Sdr. Ahmad Haris mejelaskan secara singkat dalam bentuk catatan rilis yang diterbitkan atas nama tim pengembang, hal-hal terpenting dan pembaruan yang terkait dengan rilis Tambora ini.

BLANKON TAMBORA MENDUNIA
Setelah tertunda beberapa tahun, di awal tahun ini, kami pengembang BlankOn mempersembahkan sistem operasi bebas dan terbuka dengan nama kode TAMBORA dengan nomor rilis X. Rilis kali ini pengembang melakukan banyak perubahan, sehingga memberikan warna tersendiri dan BlankOn memberikan dukungan ke lebih banyak perangkat keras. Pengembang juga menambahkan fitur-fitur terbaru pada beberapa paket khas BlankOn. Dengan penembahan fitur ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan.

MANOKWARI
Manokwari yang terdapat pada rilis kali ini, dilakukan penambahan beberapa fitur diantaranya pembaruan pencarian, panel kanan, melihat cuaca, pemutar musik dan dengan ikon-ikon yang ciamik. Manokwari yang tersedia di BlankOn Tambora juga mendukung resolusi layar yang tinggi, seperti retina display. Manokwari bahkan bisa digunakan di layar 4K.

BLANKON INSTALLER
BlankOn Installer adalah aplikasi pemasangan yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan menggunakan teknologi HTML5, Javascript dan Vala, yang mana didalamnya terdapat pemartisi hardisk. BlankOn Installer ini diharapkan bisa memudahkan pengguna dalam memasang BlankOn.

APLIKASI PERKANTORAN
Dalam rilis kali ini, aplikasi perkantoran menggunakan aplikasi LibreOffice versi 5.1.4.2 yang merupakan versi terbaru.

IKON TEBU
Ikon Tebu adalah ikon yang dikembangkan tim kesenian BlankOn. Ikon Tebu akan menggantikan Ikon Komodo yang telah digunakan 2 kali rilis sebelum BlankOn Tambora.

GNOME 3.20
GNOME 3.20 mencakup dukungan yang ditingkatkan untuk layar HiDPI dan perangkat masukkan MultiTouch, termasuk dukungan gerak. Manajemen jaringan dan kemampuan geolokasi juga telah ditingkatkan secara signifikan. Semua aplikasi GNOME telah menerima banyak fitur baru dan perbaikan.

Dukungan Mutimedia
Anda bisa segera memainkan musik, memutar video pembelajaran bagi siswa Anda tanpa penambahan lagi setelah melakukan pemasangan sistem. Semua sudah kami sediakan.

Aplikasi Grafis
Kami juga telah menyediakan aplikasi grafis bawaan yang dapat dipergunakan untuk membuka gambar, menggambar berbasis bitmap hingga menggambar berbasis vektor.

Buku Panduan
Dalam rilis kali ini, Tim Pengembang BlankOn menyediakan buku panduan lengkap dalam bentuk PDF.Konfigurasi perangkat keras minimal untuk dapat menjalankan BlankOn X Tambora dengan nyaman adalah:

  • CPU 1 GHz, tersedia dalam i386 dan amd64
  • RAM 1 GB
  • Ruang hard disk 15 GB
  • VGA 256 MB

Bila Anda lebih banyak melakukan kegiatan meramban web dan aplikasi perkantoran yang intensif, lebih baik lagi untuk meningkatkan perangkat keras Anda.

Versi sebelumnya adalah Blankon 9 “Suroboyo” dirilis pada tanggal 15 Februari 2014. Pengembangan Blankon 10 Tambora membutuhkan  nyaris 3 tahun dan dirilis pada 5 Januari 2017.

Kehadiran BlankOn 10 Tambora yang diklaim mendunia mendapat sambutan komunitas pengguna yang cukup luas terutama di Indonesia.

  • Kangdede kontan meliput kehadiran BlanOn Tambora dan memaparkan pengalaman awal menggungakan BlankOn Tambora, kemudian membagikan pengalaman dan saran menginstalasi dan menggunakan BlankOn 10 dalam 7 langkah disini.
  • MelonKuning menyambut kehadiran BalankOn Tambora dan menuliskan pengalamannya disini. Sementara blog BeritaTentangIT sangat terkesan dengan koleksi wallpaper khas Indonesia bawaan BalankOn.
Iklan