MLED 14.2: Repo Slackware Untuk Enterprise

Slackware Extension MLED

Repositori Paket Software Slackware Khusus Untuk Perusahan dan Administrasi Pemerintah

Sekitar satu bulan setelah kehadiran Slackware 14.2, kini tersedia repositori MLED untuk versi distribusi yang sama. MLED melengkapi Slackware dengan banyak komponen yang dapat digunakan dalam implementasi untuk bisnis, instansi pemerintah atau kebutuhan pribadi.

MLED disediakan oleh perusahan MicroLinux yang berdomisili di Perancis selatan, sejatinya bukan sebuah distribusi distribusi dalam arti sempit, melainkan adalah penyedia koleksi paket software tambahan yang menjadikan Slackware distribusi penuh, dan baik untuk digunakan dalam bisnis, pemerintah maupun kebutuhan pribadi.

Paket-paket MLED terbagi dalam beberapa repositori secara individu dan dapat diinstal dengan mudah pengelola paket Slackware. Diantara paket-paket tambahan yang ada mencakup aneka aplikasi populer, codec multimedia, plugin, font dan paket terjemahan. [Unduh PDF MLED 14.2]

Sebagai basis dapat digunakan instalasi distro Slackware yang ada tanpa perlu banyak perubahan. Beberapa paket Slackware diganti dengan versi yang di modifikasi untuk memberikan fungsi tambahan yang diperlukan. Desain tampilan Slackware juga diganti dengan gaya baru yang cenderung disederhanakan dan disesuaikan dengan lingkungan perusahan.

Khusus untuk versi Slackware 14.2 sekarang tersedia bebas versi paket repo MLED 14,2 yang sepenuhnya mengacu pada lingkungan desktop Xfce. Disamping Xfce dari Slackware, juga tersedia Thunderbird, Pidgin, Network Manager, Gimp, ImageMagick dan banyak lagi yang lainnya. Aplikasi lainnya yang ditawarkan MLED termasuk LibreOffice, Inkscape, Calibre, Blender, Anki, VirtualBox dan lingkungan virtualisasi lengkap dengan Qemu dan libvirt.

MLED digunakan terutama di selatan Perancis oleh sejumlah instansi pemerintah sekolah, perpustakaan dan stasiun radio. Cara instalasi MLED, termasuk migrasi menyulap Slackware menjadi MLED dijelaskan dalam dokumentasi yang dapat ditemukan di website pengembang. Selain MLED yang berorientasi pada Desktop, juga tersedia MLES untuk mendukung server.