UNICEF: Tingkatkan Masa Depan Anak Muda Lewat Open Source

dapatkan-dana-unicef_400x400

Unicef, sebagai penyandang Dana Anak-anak PBB siapkan jutaan Dolar untuk biayai Startup Open Source di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

dapatkan-dana-unicef_960

Bermodal total 9 juta dolar AS untuk dibagikan kepada anak-anak muda kreatif dibawah 25 tahun, Unicef ingin mempromosikan para startups yang mengetahui atau memiliki teknologi yang dapat meningkatkan kehidupan adik-adik dan dan anak-anak muda di lingkungannya. Dana yang tidak perlu dikembalikan dengan syaratnya bahwa hasil karyanya harus di open-source kan agar memberikan manfaat yang se besar-besar kepada masyarakat. [ Unduh Siaran Pers PDF: UNICEF Innovation Fund to invest in open source technology start­ups.]

Persyaratan jenis proyek yang akan mendapatkan pendanaan “UNICEF Innovation Fund“, antara lain adalah proyek yang dinilai mampu meningkatkan kondisi kehidupan dan masa depan anak-anak muda, dalam bentuk sebuah karya berikut dan prototipe-nya. Semuanya itu harus dibebaskan alias berada dibawah lisensi open source. Persyaratan lain untuk perusahan Start-up peserta adalah berada di negara-negara yang terkait dalam program Unicef, termasuk Indonesia.

Progam bantuan ini disediakan terutama kepada perusahaan-perusahaan kecil, yang akan mendapatkan suntikan dana masing-masing sebesar US $ 100.000 (maksimal). Perusahan startups yang didanai Unicef, ​​tidak perlu memberikan imbalan materi atau mengembalikan dana suntikan, sudah cukup jika teknologi yang dihasilkan tersebut di open-source kan. Kecuali itu, Unicef juga menjanjikan bantuan pendampingan berupa jejaring teknis.

Proyek-proyek yang digarap anak-anak muda itu, diharapkan akan membuka peluang baru dalam pendidikan dan partisipasi sosial, mengoptimalkan manajemen dengan penyediaan data real-time atau perbaikan infrastruktur seperti dalam transportasi, akses jaringan atau keuangan. Pokoknya segala sesuatu dapat dibayangkan, mulai dari aplikasi blockchain, 3D printing, wearables and sensors, artificial intelligence dan renewable energy.

Simak keterangan lebih rinci di www.unicefinnovationfund.org dan daftarkan perusahan kalian segera, sebelum tanggal 26 Februari 2016.