Kali Linux 2016.1 Rilis Bergulir Perdana

kali-rolling-2016.1_600x600

Pengembang sistem operasi khusus keamanan Kali Linux merilis penerbitan pertama menerapkan sistem pembaruan bergulir “Rolling Edition” dengan kode cetakan DVD 2016.1.

kali-rollingHari ini (January 21), demikian ditulis mengawali siaran pers Kali Linux News yang diumumkan oleh perusahaan penyokongnya Offensive Security: “Kali Linux Releases” merupakan “Our First Release of Kali-Rolling (2016.1)” telah tersedia untuk konsumsi publik.

Hal ini menandai sebuah batu peringatan “milestone“penting yang dirayakan atas penerbitan distribusi bergulir perdana Kali Linux. Seperti pernah diungkapkan sebelumnya ke publik, pengembangan Kali Linux telah beralih ke model rilis bergulir atau “rolling release” sejak lahirnya versi 2.0 (codename “sana”). Rilis bergulir tersebut sejatinya telah langsung tersedia via upgrade dari 2.0 ke kali-rolling yang dilakukan oleh grup komunitas pengguna tertentu untuk melakukan proses uji coba.

Setelah masa uji coba yang berlangsung selama kurang lebih 5 bulan testing berlalu, kini diyakini bahwa sistem pembaruan rilis bergulir dengan produk “rolling distribution” berikut semua infrastruktur pendukungnya telah siap dan dianggap cukup tangguh, tersedia untuk semua pengguna. Ini diklaim sebagai “the best of all worlds” dengan kehandalan dan stabilitas bawaan Debian, berikut banyak perkakas terbaik dan terkini untuk pengujian penetrasi dari komunitas keamanan informasi yang dikemas.

Seperti sebelumnya, cetakan DVD (ISO) yang diterbitkan ada dua macam yaitu edisi lengkap “full” seperti umumnya diminati dan edisi ringan “light” dan masing-masing untuk arsitektur intel 64 dan 32 bit. Sementara edisi full terpasang GNOME dan semua paket perkakas yang ada, edisi light dikemas menggukan XFCE dan menyediakan top sepuluh perkakas (tools) saja.

Edisi khusus lainnya seperti untuk VMware dad VirtualBox dijanjikan akan menyusul satu minggu sesudahnya. Kecuali itu akan tersedia cetakan Kali Rolling ARM yang mendukung sejumlah perangkat dengan prosesor arsitektur ARM termasuk Raspberry-Pi.