Remix OS 2.0 Untuk PC Gaya Android

remix-os-2_600x600

Remix OS adalah sistem operasi Android dalam tampilan Desktop yang saat ini sedang dikembangkan perusahaan Jide Technology. Sistem operasi ini memberdayakan versi Android 5.1 (Lollipop) dan ditargetkan untuk digunakan pada PC und Notebook. Disamping fitur bawaan Android, Remix OS memiliki kelebihan fitur Multiple Windows mendukung Multitasking dengan kemampuan modus penampilan banyak jendela.

(c) Website Jide Technology

Jide Technology juga merilis cetakan LiveCD untuk Remix OS yang saat ini masih berstatus Alpha dan dapat diunduh di situs pengembangnya. Penerbitan cetakan LiveCD ini ditujukan kepada para pengembang yang ingin melakukan uji coba, atau ingin mengembangkan Apps diatas platform Remix OS, sebagai turunan Android khusus untuk PC. Kode sumber Android yang dimanfaatkan sebagai basis untuk Remix OS berasal dari proyek Android-x86, yaitu versi Android untuk platform x86 (intel). Remix OS yang sedang digarap saat ini, tepatnya mengusung kode sumber dari versi Android 5.1.1 (Lollipop).

Sejumlah modifikasi telah dilakukan agar OS Android yang pada prinsipnya didisain untuk kebutuhan perangkat bergerak Mobile dan Smart Phone ini, juga nyaman digunakan di komputer Desktop dengan fasilitas berbeda. Sebuah bar ditepi bawah layar dipasang seperti umumnya ditemukan di setiap desktop seperti Windows atau Linux Mint yang menampilkan Apps yang sedang dijalankan dan dapat dialihkan (switch) dari satu Apps ke Apps lainnya dengan menekan tombol Alt+Tab secara bersamaan. Launcher yang menampilkan daftar Apps tersedia meniru gaya Chrome-OS untuk Desktop. Seperti telah diindikasikan diatas, fitur tambahan yang membedakannya dengan Android aslinya, adalah kemungkinan untuk menjalankan beberapa Apps serentak yang ditampilkan di masing-masing jendela Apps. (Simak tangkapan layar disini)

Pengaturan dan pengendalian tanpa layar sentuh sangat didukung Android besutan Jide ini. Remix OS bisa digunakan sepenuhnya, cukup dengan bantuan tetikus dan keuboard saja. Seperti layaknya di PC, dengan menekan tombol kanan tetikus ditampilan menu dengan daftar perintah terusan.

Cetakan image Remix OS 2.0 yang ditawarkan saat ini untuk prosesor arsitektur 64 bit, merupakan Live-CD (.zip) yang dapat ditanamkan di batang USB. Untuk itu disarankan agar menggunakan batang USB dengan kecepatan tinggi dan dicolokkan di port USB-v3.