Robot NAO Bantu Anak Pengungsi Belajar Bahasa Lokal

nao-robot-640

NAO adalah anak robot yang dapat melihat, mendengar, juga bercakap-cakap. Ia juga bisa ditugaskan sebagai guru bagi anak-anak manusia yang memiliki kesulitan belajar bahasa di lingkungan baru, seperti halnya pada para pengungsi Timur Tengah yang saat ini membanjiri Eropa.

nao-robot-youtube-640

Untuk hal itu telah dibentuk sebuah konsorsium lintas universitas-universitas di Eropa yang akan membidani anak-anak robot yang telah dilatih untuk menjadi guru bahasa lokal di Eropa, seperti bahasa Jerman, Inggris dan Belanda.

Proyek gotong royong yang diberi nama “L2TOR” ini, sebagaimana disebutkan di website NewScientist, sedang melakukan penelitian untuk menjajaki penugasan robot dan menguji kemampuannya dalam mengajar balita bercakap-cakap dalam bahasa lokal.

Peneliti dari Universitas Bielefeld, dilaporkan saat ini telah memulai uji coba yang recananya akan berlangsung selama tiga tahun kedepan. Sebagai pengajar yang sangat sebar dan tak kenal lelah direkrut anak robot “NAO” dengan tinggi nya sekitar 60 centi dari perusahan Aldebaran Robotics asal Perancis.

NAO dilengkapi dengan kamera, mikrofon agar mampu berkomunikasi dengan mahluk sekitarnya. “Untuk mengajarkan setiap anak-anak balita bahasa kedua, kebanyakan sekolahan tidak akan mampu. Namun anak robot mampu.,” jelas Prof. Stefan Kopp, ahli dibidang Kecerdasan Buatan di Universitas Bielefeld yang dimuat di sebuah koran online bahasa Jerman yang dikutip GudangLinux. Prof. Kopp adalah juga pencetus proyek penelitian yang resminya akan dimulai pada Januari 2016 mendatang.

Kadang-kadang seorang guru merasa bosan atau marah bila terus menerus mengulangi hal-hal yang sama,” kata ketua pengembang dari Aldebaran Robotics kepada NewScientist. “Hal-hal psikologis seperti itu tidak akan mempengaruhi sebuah robot, mereka dapat mengulanginya sebanyak yang diinginkan.”

Disamping Universitas Bielefeld, proyek ini melibatkan ilmuwan dari universitas Belanda di Utrecht dan Tilburg, universitas Plymouth dan universitas Koc di Turki. Anak-anak di Istanbul diharapkan nantinya dapat belajar bahasa Inggris bersama robot NAO.

NAO Ucapkan: “Happy New Year!”