CentOS 7.2 Siapkan Dukungan Untuk Prosesor ARM

centOS-7-gnome_960

Distro skala perusahan CentOS 7 (1511), merupakan klon dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 7.2 telah tersedia sejak pertengahan Desember 2016. Seperti panutannya, Centos versi ini masih tetap memberdayakan versi Kernel 3.10, namun serangkaian Driver telah mendapatkan peningkatan agar bisa lebih baik menyokong hardware terbaru.

centOS-7-gnome_960x540

Disamping dukungan Hardware yang lebih komprehensif, RHEL 7.2 telah menerima perbaikan-perbaikan dalam hal keamanan, jaringan, dukungan pada Container dan pada pengelolaan sistem. Hal ini telah dilakukan, seperti misalnya untuk meningkatkan lingkungan desktop ke versi GNOME 3.14, sementara KDE ditingkatkan ke versi 4.14. Paket X.org-Server yang kini digunakan adalah versi 1.17, dan untuk aplikasi office disertakan Libreoffice versi 4.3.7.

Dengan demikian rilis yang resminya bernama CentOS 7 (Revision 1511), sejatinya adalah CentOS 7.2, karena dibangun berdasarkan versi RHEL 7.2. Versi ini juga telah ditambahkan sejumlah perbaikan-perbaikan yang selama satu bulan terakhir tersedia, yaitu sejak RHEL 7.2 dihadirkan. Pada prinsipnya, pengembang CentOS hanya melakukan sedikit perubahan terhadap paket-paket software asal RHEL dan menghapus logo dan semua atribut hak cipta komersil Red Hat dan menukarkanya dengan atribut CentOS. Bagian yang diubah kali ini adalah, termasuk halaman Index dari Apache, Bookmarks di Firefox dan semua yang terkait dengan layanan berbayar RHEL, seperti Subscription-Manager untuk RHN-Services, tanpa perkecualian telah dihilangkan.

CentOS 7 build 1511 merupakan sebuah rilis bergulir, menyertakan sejumlah fitur, termasuk pembaruan pada Kerberos HTTP proxy untuk pengeloaan indentitas, ECC support untuk TLS connections pada OpenJDK 7, dan sejumlah peningkatan pada stak networking lainnya, seperti juga update pada Atomic packages.

Sejatinya, CentOS adalah sebuah proyek komunitas yang didukung oleh Red Hat untuk menyediakan sistem bebas yang sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Untuk menjamin “kompatibilitas” yang dijanjikan itu, nyaris setiap perubahan dan pembaruan yang diterbitkan untuk RHEL, juga tersedia pada setiap penerbitan CentOS versi baru. Seperti RHEL, untuk setiap versi CentOS pun dijanjikan mendapat dukungan minimal 10 tahun. Hal ini akan menjamin ketersedian dukungan untuk CentOS 7, paling sedikit sampai dengan tahun 2024.

Centos 7 dukung ARMv7 dan x86-32-bit

Sampai dengan beberapa bulan lalu, CentOS 7 (seperti halnya pada RHEL 7) hanya menyediakan edisi untuk arsitektur x86-64 bit. Namun sejak Oktober 2016, CentOS 7 telah merilis edisi untuk sistem x86-32 bit. Disamping itu, proyek Centos juga menyediakan edisi khusus, seperti Storage-Server yang dibangun menggunakan CentOS bersama paket aplikasi Gluster. Proyek CentOS juga bergerak lebih jauh dengan melakukan pemeliharaan terhadap sejumlah paket software seperti OpenStack yang utamanya digunakan untuk mengelola awan.

Saat ini CentOS tengah mempersiapkan edisi yang mendukung prosesor ARM. Untuk iitu, cetakan CD tahap awal (pre-built binary images) berbasis CentOS 7 sudah tersedia untuk arsitektur ARMv7 (32 bit) di repositori CentOS untuk diuji coba publik. Edisi ARMv7 ini mendukung dan bisa dijalankan di komputer papan tunggal SBC (Single Board Computer) ukuran mini seperti untuk Raspberry Pi 2, Banana Pi, dan CubieTruck.