Linux Mint 17.3 “Rosa” Tingkatkan Dukungan Hardware

mint-173-cinnamon

Proyek sumber terbuka distribusi Linux Mint menerbitkan versi Linux Mint 17.3 dengan dua variasi desktop standar: Cinnamon dan MATE. Rilis dengan nama julukan ROSA ini merupakan pembaruan ketiga dari generasi Linux Mint 17 yang menjanjikan dukungan teknis sampai tahun 2019. Pembaruan yang dibawa kali ini utamanya merupakan peningkatan dukukungan untuk perangkat keras. Kecuali itu, rilis yang menggunakan Ubuntu 14.04 LTS sebagai landasannya, menyediakan perbaikan yang tersedia untuk semua paket-paket software yang disertakan, termasuk pembaruan pada lingkungan Desktop.

Mint 17.3 ROSA Cinnamon
Mint 17.3 ROSA Cinnamon

Kernel yang dipasang untuk ROSA adalah Linux 3.19 berasal dari versi Ubuntu 15.04. Bila dibandingkan dengan apa yang digunakan pada Linux Mint 17.2 ( versi sebelumnya ), versi baru ini telah menyematkan dukungan untuk hardware yang lebih moderen. Sebagai alternatif, juga disediakan kernel Linux 4.2.0. Dalam hal dukungan grafis, distro ini menyertakan stack grafis berasal dari Ubuntu 14.04 dan menerapkan X.org-Server 1.17 dan Mesa 10.5.9.

Tools dan perkakas yang dipasang sebagai alat pembaruan sistem, kini mampu mendeteksi lokasi pengguna dan secara otomatis menyambungkannya ke server terdekat. Disamping itu, Update-Manager ini juga diperbaiki dari sudut pengamanannya. Pengelola driver ( Driver-Manager ) sekarang dapat mengklasifikasikan, apakah driver tersebut jenis driver open source atau proprietari. MDM Display-Manager kini mendukung layar HiRes dengan resolusi tinggi.

Perubahan terbanyak yang dilakukan untuk ROSA telah dilakukan pada kedua lingkungan Desktop ( Cinnamon dan MATE ) yang digunakannya. ROSA edisi Cinnamon misalnya, sekarang menggunakan versi Cinnamon 2.8 yang telah dilengkapi dengan sejumlah pembaruan, seperti Sound-Applet yang memiliki Layout baru dan memberi kemudahan kepada pengguna untuk mengendalikan pemutaran Media. Power-Applet juga menerima serangkaian perbaikan, sementara pergantian (switch) untuk Workspace diberikan kemampuan untuk menampilkan masing-masing Workspace secara visual. Cinnamon 2.8 yang digunakan, juga memperbaiki dukungan untuk sistem yang menggunakan banyak (Multi) Monitor.

Mint 17.3 ROSA Mate
Mint 17.3 ROSA Mate

Edisi Linux Mint 17.3 yang menggunakan desktop MATE memberdayakan versi Mate 1.12 yang menggunakan GTK+ 3 dengan dukungan lebih luas. Integrasi pada Touchpads juga telah diperbaiki, dan memberikan mendukung labih baik untuk Multi-Touch dan fitur Scroll menjadi lebih alamiah. Seperti pada edisi Cinnamon, desktop Mint 17.3 berbasis Mate juga melakukan peningkatan untuk menyokong Multi-Monitor, termasuk perbaikan pada antar muka grafis. Fitur Power-Applet disempurnakan dan menampilkan informasi terkait dengan perangkat lebih baik, seperti status batere dan lainnya. Kecuali itu, edisi Mate menampilkan lebih baik Menu-Program, disampin perbikan pada serangkaian Desktop-Tools, termasuk Window-Manager.

Informasi selebihnya dapat disimak rician versi Cinnamon dan versi MATE dalam pengumuman penerbitan Linux Mint 17.3 ROSA. [Brosur PDF 220kB]