Canonical Perbarui Ubuntu 14.04.3 LTS

ubuntu-14.04.3-shortcut_640

Sesuai rencana pemeliharaan edisi dukungan jangka panjang (Long Term Support), untuk kali ketiga komunitas Ubuntu telah memperbarui “Trusty Tahr“, edisi Ubuntu 14.04 LTS. Versi 14.04.3 LTS yang mengemas serangkaian korektur untuk meluruskan semua kekeliruan, disamping menambal semua celah keamanan yang dilaporkan seraya melakukan peningkatan fitur terhadap aplikasi-aplikasi yang disertakan.

ubuntu-14.04_trusty-tahr_desktop-0_640

Perbaikan utama kali ini berkaitan dengan masalah instalasi dan proses update, kesalahan pada kernel, peningkatan program di desktop dan server, termasuk sejumlah masalah kecil lainnya.

Untuk menjamin keselarasan dengan perangkat-perangkat keras baru yang lebih moderen, tim pengembang telah memasang versi kernel Linux 3.18 dan versi X-Server terkini. Pengguna yang tidak memberdayakan hardware mutakhir atau memanfaatkan-nya sebagai appliance virtual di awan, dijamin tetap bisa menggunakan stack yang telah terpasang sebelumnya. Untuk itu Canonical memberikan petunjuk yang dimuat di halaman situs terkait.

Pembaruan lainnya pada desktop adalah termasuk penambahan fitur untuk program pelindung aplikasi AppArmor dan mekanisme untuk pemanfaatannya di Unity. Sementara itu, perbaikan pada desktop Unity adalah antara lain berupa korektur pada screen saver dan dekorasi baru untuk jendela, seperti juga dukungan untuk resolusi layar yang lebih tinggi ( High-DPI Monitors ). Sementara itu, LibreOffice juga telah ditingkatkan ke versi 4.2.8.

Bersama edisi Server telah disertakan OpenStack 2014.1, Puppet 3 dab Xen 4.4. Pengembangnya tidak melupakan untuk meningkatkan Ceph ke versi 0.79 dan Qemu ke versi 2.0.0. Sementara itu Open vSwitch menjadi versi 2.0.1 dan Libvirt menyandang versi 1.2.2. Daftar rincian untuk semua perubahan, dapat disimak di catatan rilis dari penerbitan versi ini.

Seperti sebelumnya, bersama peluncuran pembaruan ketiga Ubuntu 14.04.3 LTS ini, tim pengembangnya juga menyediakan serangkaian edisi media instalasi lainnya. Disamping edisi Server, Core dan Desktop, juga menurunkan Edubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Ubuntu Studio, Ubuntu GNOME, Ubuntu Kylin, Xubuntu dan Mythbuntu untuk memberikan pilihan kepada lapisan pengguna yang lebih luas.