4 Perusahan Kuasai Pasar di Awan

cloud-aws-azure-google-ibm_550

Amazon Web Services, Microsoft, IBM dan Google untuk kali pertama digabungkan menguasai lebih dari separuh pasar komputasi awan. Menurut analisa perusahan peneliti Synergy Research Group, akselerasi pertumbuhan mereka semakin cepat dalam kurun waktu yang cukup singkat.

CRG_Cloud_Q215

Pangsa pasar yang diraih gabungan dari empat pemain utama yang terdiri dari Amazon Web Services, Microsoft, IBM dan Google pada kuartal kedua tahun ini tumbuh dan menguasai 54% pasar global, dibandingkan dengan 46% pada kuartal yang sama tahun sebelumnya, atau 41% terhadap kuartal yang sama tahun 2013.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa mereka telah berhasil memposisikan bisnis mereka masing-masing di pasar Cloud yang pada saat ini sedang marak. Omzet yang mereka capai dalam duabelas bulan terakhir tumbuh 84% dibandingkan 33% yang mampu diraih pemain lainnya di awan.

Sebagai pemenang dari empat besar tersebut adalah Amazon Web Services yang menguasai 29% pangsa pasar dan meraup keuntungan sebesar 391 juta dollar. Keuntungan juga diraih Microsoft dan menjadikan bisnis Cloud sebagai salah satu kontributor utama perusahan yang berkantor pusat di Redmond ini.

Berdasarkan laporan yang sama, omset untuk Claud yang diraih di sektor perusahan meningkat sebanyak 88 % mengantongi keuntungan sebesar 832 juta dollar, melampaui bisnis Office yang tercatat sebesar 823 juta dollar. Juga IBM mengalami peningkatan yang cukup berarti, namun sengan pertumbuhan 50%, secara keseluruhan belum bisa menandingi, bahkan jarak terhadap pesaingnya Amazon dan Microsoft tambah terjal.

Synergy Research Group memperkirakan omzet per kuartal di sektor layanan awan termasuk IaaS, PaaS seperti juga awan pribadi dan hibrida sebesar 6 juta dollar, sementara omset per tahun mendekati 20 juta dollar. Lebih dari separuh omset global berasal dari Amerika Utara, diikuti dengan pasar EMEA (Europa, Timur Tengah, Afrika) kemudian APAC (Asia Timur/Tenggara, Ozeania).