Dampak Open Source Terhadap Sektor Telekomunikasi

Tin-can-phone

Selama 20 tahun terakhir, Open Source telah mengubah lanskap software. Diawali di lingkungan infrastruktur Internet, dimana platform populer seperti Linux, Apache, Mozilla, Postgres, dll memungkinkan terciptanya layanan dan model bisnis baru, mengurangi hambatan masuk dan berperan menjadi inovator, disamping telah mendorong demokratisasi akses ke sumber daya komputasi.

Tin-can-phoneGelombang yang sama, setelah melampaui beberapa jeda, juga terjadi di sektor telekomunikasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi VoIP dalam dekade 90an, telah memicu operator untuk migrasi dari layanan telepon tradisional ke jaringan berbasis IP, yang awalnya sebagian besar didukung oleh perangkat lunak proprietari. Namun, Open Source software (OSS) telah membuat beberapa terobosan, sehingga sekarang pasar Telekomunikasi telah matang untuk membuat sebuah perubahan besar.

Blog Grup Daiton menulis tren di sektor industri yang yang juga digelutinya dan menyebutkan daftar beberapa contoh OSS yang saat ini relevan untuk industri Telekomunikasi seperti: Asterisk, FreeSwitch, Clearwater, Kamailio, OpenSIPS, PJSIP, reSIProcate, Open H323/H323Plus, dan sipML5.

Baca selebihnya disini: http://bit.ly/1GuG9um