Wired Ungkap Bagaimana Ponsel Jadi Open Source

2015-07-howphonebecommingopensource_640

Menurut liputan Wired, Open-Source Hardware (OSHW) secara khusus telah mendapatkan keuntungan dari perlambatan kaidah hukum Moore. Siklus pengembangan yang panjang cenderung menghasilkan produk yang usang pada saat dirilis.

Menyikapi ketakutan akan usang, pengembang hardware open-source (OSHW) sekarang menyediakan waktu untuk membangun komunitas di sekitar platform yang mereka kembangkan. Mereka bisa belajar dari satu dengan lain-nya, berbagi cetak biru dan membuat prototipe (iterasi) berulang, sebelum mereka melakukan desain akhir. Hal ini juga memungkinkan pengembangan produk perangkat keras menjadi lebih ramping, tanpa harus membayar ekstra untuk memenuhi jadwal yang ketat.

xiaomi hongmi 1s
60 Juta Produk Xiaomi Pada Tahun 2014

Wired menambahkan: “Meskipun harga rendah, Hongmi 1S (Produk Ponsel Xiaomi) adalah hardware yang solid dengan baterai yang besar. Ponsel ini didukung quad-core Snapdragon 400 kecepatan 1.6GHz, merupakan alternatif yang masuk akal, dengan harga sebagian kecil dari harga Samsung S3 1,4 GHz quad-core Exynos 4412. Ternyata, jutaan kerumunan pasar tampaknya setuju dan lebih dari 60 juta smartphone Xiaomi terjual pada tahun 2014. Bagaimana mungkin Xiaomi, yang baru didirikan pada tahun 2010, hanya dalam waktu lima tahun yang singkat bisa tumbuh menjadi ancaman yang kredibel menyaingi Samsung dan Apple?”

Baca selebihnya di Wired: http://bit.ly/1DisQ04

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s