Rilis Distro Linux Mint 17.2 “Rafaela”

Linux Mint 17.2 Rafaella CINNAMON

Clement Lefebvre mengumumkan kehadiran “Rafaela” versi Linux Mint 17.2. Rilis ini merupakan terbitan dengan dukungan jangka panjang (long term support release) atau LTS yang dibangun menggunakan paket software Ubuntu 14.04 yang menjamin dukungan sampai dengan April 2019.

Linux Mint 17.2 Rafaella CINNAMON
Linux Mint 17.2 Rafaella CINNAMON

Seperti pada rilis sebelumnya, Rafaela tersedia dua edisi Linux Mint masing-masing dengan busana desktop Cinnamon dan MATE. Edisi Cinnamon kali ini, diklaim menawarkan peningkatan pada kinerja, disamping perbaikan dukungan untuk multi-panel dan multi-monitor. Sementara dengan tampilan edisi MATE, sekarang memberikan penggunanya kemampuan untuk melakukan enable/disable pada ekstensi penelusur berkas Caja di run time, disamping menyediakan audio library baru yang bisa didetect secara otomatis dan bisa jalan menggunakan sistem suara OSS, ALSA dan PulseAudio.

Linux Mint 17.2 Rafaella MATE
Linux Mint 17.2 Rafaella MATE

Kecuali itu: “UEFI is fully supported.” Untuk itu perlu diingat bahwa Linux Mint tidak menggunakan, baik ‘digital signatures’ ataupun didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat oleh Microsoft agar diakui sebagai OS yang aman. Jadi, bila sistem Anda menggunakan Secure Boot, silakan mematikannya.

Untuk keterangan lebih rinci silakan menyimak ‘release announcement‘ dan ‘release notes‘ yang diterbitkan bersamaan dengan kehadiran Rafaela.

Kebutuhan hardware minimun adalah sistem dengan RAM paling sedikit 512MB (disarankan 1GB agar lebih nyaman), minimal spasi hardisk 9GB (saran 20GB). Monitor drngan resolusi minimal 800×600 titik (disarankan 1024×768) dan  DVD drive atau USB port untuk instalasi.