Yakin Budaya Open Source, Microsoft Gabungkan MS Open Tech

ms-open-tech_1230

Tujuan utama yang ingin dicapai Microsoft dari keberadaan anak perusahaannya MS Open Tech dianggap telah tercapai. Menurut presiden MS Open Tech, sebagaimana dikutip dari blog terakhirnya, disebutkan bahwa budaya Open Source di lingkungan kerja Microsoft kini sudah menjadi hal yang lumrah. Karena itulah, Microsoft sekarang menggabungkan MS Open Tech menjadi bagian dari perusahan Microsoft.

Anak perusahaan Microsoft MS Open Tech yang akan digabungkan itu, telah berdiri sejak tiga tahun lalu yang bertindak untuk mengambil alih peran Microsoft di lingkungan Open Source. Sebagai presiden dari perusahan tersebut, Jean Paoli menyebutkan bahwa tujuan utama dari langkah Microsoft mendirikan MS Open Tech telah terpenuhi. Disamping itu, teknologi open source dan budaya pengembangan terkait sudah menjadi hal biasa di kalangan Microsoft.

Selama beroperasi, disebutkan bahwa MS Open Tech telah membantu menyambungkan Microsoft ke sejumlah komunitas open source. Proyek-proyek yang dibidani oleh MS Open Tech milsanya, memberikan kemudahan untuk Linux, Java, dan pengembang lainnya dalam memanfaatkan Azure, melalui SDKs, tools plug-ins, dan integrasi menggunakan teknologi seperti Chef, Puppet, dan Docker. Disamping membuka sambungan ke beberapa layanan APIs untuk iOS dan Android, Microsoft juga mengklaim telah aktif memberikan kontribusinya pada sejumlah proyek sumber terbuka, seperti Apache Cordova, Cocos2d-x, OpenJDK, dan dash.js. MS juga terlibat dalam penyusunan standar HTML5, HTTP/2 und WebRTC/ORTC.

Namun, kegiatan Open Source terpenting yang pernah dilakukan Microsoft, barangkali adalah dengan membuka kode sumber .NET yang pada saat ini sedang berlangsung secara bertahap termasuk mendirikan yayasan .NET terkait, dimana MS Open Tech cukup berperan.