Rilis Terbaik LibreOffice 4.4

libreoffice-4.4_1230x576

Yayasan Document Foundation meluncurkan versi 4.4 dari Suit Office bebas LibreOffice yang diklaim sebagai edisi paling cantik dan terbaik selama ini (2015/01). Disamping memiliki keselarasan atau kompatibilitas yang lebih baik terhadap suit Microsoft Office, suit berlisensi bebas ini telah dipoles tampilannya. Penerus LibreOffice 4.3 yang telah disempurnakan selama setengah tahun terakhir, telah menambahkan serangkaian fitur-fitur baru dan perbaikan yang cukup menarik perhatian para penggunanya.

libreoffice44-most-beautiful-ever_640

Beberapa font bebas seperti Caladea dan Carlito kini memperkaya koleksi aksara di LibreOffice 4.4, yang dapat digunakan sebagai pengganti fonts Cambria dan Calibri dari Microsoft. Berkas-berkas PDF kini dapat dibubuhi signatur saat ia diekspor dari LibreOffice 4.4. Fitur penjaring impor telah ditambahkan dan dukungannya diperluas, termasuk untuk Adobe Pagemaker 6/7, MacDraw, MacDraw II, RagTime dan Sony BroadBand eBook. LibreOffice 4.4 juga bisa membuka langsung dokumen-dokumen dari Sharepoint dan OneDrive, sementara dukungan untuk format OOXML dari MS Office mendapatkan perbaikan paling banyak.

Terkait dengan tampilan dan antarmuka pengguna, pengembangnya telah memberikan perhatian khusus agar pengguna dapat menikmati pengalaman yang lebih baik ketika bekerja menggunakan LibreOffice 4.4. Salah satu contohnya adalah dialog WidgetLayout yang telah diterapkan sejak versi LibreOffice 4.0. Template misalnya sekarang bisa langsung diambil dari Startcenter. Juga telah ditambahkan sejumlah template standard baru.

Pembaruan juga ditemukan dalam hal pilihan warna dengan fitur yang memungkinkan penentuan warna dengan cepat. Kecuali itu, dilakukan perbaikan terutama pada dialog dengan menu samping, dan semua komponen menu lainnya. Perbaikan cukup relevan dilakukan pada pengolah kata Writer. Template untuk dokumen master yang sejak lama telah mendukung pembagian pekerjaan secara individual, kini membuka kemungkinan untuk membuat templete secara terpisah. Fitur geometri “Shapes” kini mampu mengakomodasikan sebuah Textbox dengan konten yang bervariasi.

Aplikasi spreadsheet Calc ditambahkan fitur Quartile, z-test dan Chi square test. Mesin formulanya memiliki fitur tambahan yang meningkatkan interoperabilitas lebih baik dengan MS Excel. Aplikasi untuk presentasi Impress menghilangkan futur edit pada modus preview, karena dianggap tidak berguna. Simak rincian perubahan dan perbaikan di Release Note 4.4 dan LibreOffice 4.4 unduh disini. [Artikel PDF 450kB]