openSUSE Education-Li-fe 13.2 Berdasarkan “Harlequin”

opensuse-edu-life_1230x576

Penerbitan edisi untuk pendidikan dari openSUSE 13.2.1 yang telah tersedia sejak awal Desember 2014, diumumkan oleh pengembangannya Jens Vogdt. Versi yang didasarkan pada openSUSE 13.2Harlequin” ini, akrab dikenal dengan nama “openSUSE Education-Li-fe”, merupakan edisi khusus dengan target pengguna dunia pendidikan.

suseliveJens Vogdt yang telah mengurus bidang pendidikan di kantor openSUSE selama bertahun-tahun menjelaskan, bahwa edisi pendahulunya yang didasarkan pada openSUSE 13.1, telah diunduh lebih dari 20.000 kali hanya dari salah satu server unduhan di SourceForge. Sebuah keberhasilan yang telah membesarkan hati, sebagaimana disampaikan dalam maklumatnya, untuk kini menyediakan versi baru dari Edisi openSUSE-Education yang akan bermanfaat, baik bagi orang tua murid, para pengajar dan tentunya siswa di jajaran dunia pendidikan. Edisi yang mengemas banyak perangkat lunak edukasi dan program-program pembelajaran, termasuk semua alat-alat pendukungnya seperti server terminal (LTSP), kini dibangun berdasarkan openSUSE 13.2.

Di halaman wiki proyek pendidikan openSUSE tersedia paling tidak sekitar 30 program pelatihan khusus untuk berbagai bidang. Untuk menunjang aplikasi grafis dan penerbitan, tersedia serangkaian program seperti Gimp, Inkscape, Blender, Scribus, dan lain-lain. Kecuali itu, platform pembelajaran open source Moodle dan ATutor, seperti juga FreeSMS dan sejumlah aplikasi web untuk mengelola lembaga pendidikan, telah menjadi bagian dari Live-DVD dengan bobot 3.6 GB yang dirilis.

Live-DVD yang sarat dengan program pendidikan itu, juga menyertakan server terminal khusus KIWI-LTSP besutan tim pengembang openSUSE. Secara default, sistem LTSP ini dalam modus live untuk keperluan tes, dapat mengelola lima “thin client”, yang kemudian dapat ditambahkan setelah dilakukan instalasi dengan menanamkannya di hard-disk. Untuk itu, sistem host membutuhkan setidaknya 512 MB RAM dan 200 MB tambahan per klien. openSUSE-Education 13.2 tidak melupakan kebutuhan para pengembangan dan menambahkan peralatan dalam rilis ini, seperti MonoDevelop, Anjuta, Git, dan alat-alat perintah baris (command line) untuk openSUSE Build Service (OBS) dan LAMP stack selengkapnya. [Artikel PDF 500kB]