Rebecca: Linux Mint Ditingkatkan Ke Versi 17.1

Linux-Mint-17-1-Rebecca_1230x576

Linux Mint 17.1 telah rilis. Sedikit berbeda dengan pendekatan distro Ubuntu, Linux Mint versi baru ini merupakan peningkatan dari Qiana (v. 17) dan diberikan nama Rebecca (v. 17.1). Rilis ini tidak menggunakan versi Ubuntu 14.10 “Utopic Unicorn” yang lebih baru sebagai basis, namun Rebecca tetap bertahan dan menggunakan versi LTS 14.04 “Trusty Tahr” yang menjanjikan dukungan jangka panjang (sampai dengan April 2019). Berdasarkan kebijakan Linux Mint saat ini, basis Ubuntu 14.04 LTS akan dipertahankan dan senantiasa diperbaiki sampai rilis Ubuntu 16.04 LTS berikutnya  pada bulan April 2016 diluncurkan.

Linux-Mint-17-1-Cinnamon_640

Nama baru “Rebecca” telah mengindikasikan bahwa versi baru untuk sistem operasi desktop paling popular ini, telah melakukan peningkatan (update) yang cukup besar, terutama pada lingkungan desktop yang digunakan, disamping banyak upgrade lainnya.

Peningkatan angka dari rilis 17 ke 17.1 untuk Linux Mint, bukan berarti hanya sekedar rilis perbaikan saja, melainkan bersama Rebecca telah dilakukan banyak perubahan yang mendasar terutama terkait dengan opsi dan fungsi untuk software stack dengan fitur-fitur baru.

Sebagian dari banyak pembaruan yang telah dilakukan Linux Mint 17.1, termasuk: penampilan dari penggunaan memori yang lebih baik, animasi zoom baru untuk melakukan proses login, peningkatan pada seleksi tema dan pada pengaturan, disamping pembaruan pada Pengaturan Background yang baru, applet slideshow baru, pengaturan privasi lebih baik, peningkatan pada Update Manager, perubahan pada file manager Nemo, dan menu pilihan yang lebih rinci saat melakukan peningkatan kernel. Rincian peningkatan untuk Rebecca baik untuk Cinnamon maupun MATE, juga dirinci dalam daftar fitur untuk persiapan rilis Mint 17.1.

Bagi yang telah menggunakan versi kandidat rilis dari Linux Mint 17.1 RC, disarankan untuk tidak melakukan instalasi ulang agar mendapatkan rilis stabil. Pengguna dapat menggunakan Update Manager untuk menginstal pembaruan yang diperlukan.

Demikian juga halnya bagi mereka yang menjalankan Linux Mint 17 “Qiana”, juga tidak perlu lagi melakukan instalasi ulang. Saat ini sedang dipersiapkan peningkatan untuk Linux Mint 17 (Qiana) ke 17.1 (Rebecca). Untuk itu, pengembangnya berjanji dalam waktu dekat akan mengumumkan bila telah siap. Upgrade juga akan sepenuhnya didukung, dan dipastikan akan mudah dan dengan fitur opt-in tersedia pilihan: meningkatkan ke 17.1 (Rebecca) atau tetap bertahan bersama Linux Mint 17 Qiana (PDF). [Artikel dan rincian spesifikasi: Brosur Rebecca PDF 430 kB]. Simak Screenshots disini: Cinnamon dan Mate

Upadate 2015-01-12: Linux Mint 17.1 ‘Rebecca’ KDE dan Xfce

Linux Mint 17.1 menggunakan desktop KDE (screenshots-KDE rilis 2015-01-08), memberikan dukungan jangka panjang (LTS s/d 2019) dan membawa fitur dan software aplikasi khas KDE yang telah diperbarui. Fitur utama pada rilis KDE ini, termasuk versi KDE 4.14, KWallet Integration, Update Manager, Login Screen dan peningkatan baik pada System maupun Artwork. Sementara rilis dengan desktop Xfce (screenshots-Xfce rilis 2015-01-11) menawarkan fitur: Dukungan ‘Out of the box’ untuk Compiz, peningkatan pada Xfce, Update Manager, Language Settings dan Login Screen. Linux AIO (All-in-One) juga menyusulkan penerbitan media Live-Install untuk Linux Mint 17.1. Edisi tidak resmi ini, mengemas tiga jenis distro (Cinnamon, Mate dan XFCE) dalam satu media DVD berikut menu pilihan desktop untuk dijalankan, baik Live maupun langsung di-install.