Distro Astro 3.0 Telusuri Angkasa Luar

distro-astro_1230x576

Distro Astro 3.0 merupakan versi terkini sistem operasi Linux yang dikembangkan khusus untuk mendukung kegiatan astronomi. Distro ini mengintegrasikan aplikasi khusus untuk pembelajaran dan penelitian ilmu astronomi.

Distro Astro memiliki banyak fitur, nyaris semua fitur yang digunakan di lingkungan ilmu astronomi, untuk menjalankan observatorium dan planetarium. Juga dapat digunakan untuk kegiatan mulai dari astronomi amatir sampai dengan melakukan penelitian profesional, termasuk astrophotography. Dengan kemampuan yang dimiliki itulah, mengapa distro ini acapkali diklaim sebagai Linux untuk para astronom. Distro Astro ini dikembangkan menggunakan sistem operasi Ubuntu LTS (Long Term Support) sebagai basis, dan pada versi 3.0 digunakan versi Ubuntu 14.04 Trusty Tahr dengan lingkungan desktop MATE yang ringan.

distro-astro-telusuri-angkasa-luar_640

Menggunakan pustaka INDI yang dikemas bersama Distro Astro, tersedia fitur untuk mengendalikan teleskop yang umum, seperti buatan Meade, CELESTRON, Orion, dan merek teleskop besar lainnya. Ia juga dapat mengendalikan kubah observatorium, termasuk pada kubah komersial seperti Sirius Observatorium, dan dukungan untuk perangkat seperti focusers, roda penyaring dan sensor awan. Kecuali itu, ia juga mendukung imager set dari SBIG, Apogee, Starlight Xpress dan Finger Lakes, disamping fitur untuk Webcam astronomi amatir umumnya, seperti Philips ToUCam, Mead LPI, dan CELESTRON NexImage. Akses ke perpustakaan INDI tersedia untuk klien yang didukung, seperti Kstars, Cartes du Ciel dan XEphemi.

Nightshade Legacy adalah sebuah perangkat lunak planetarium canggih untuk menproyeksikan kubah mata ikan (fish-eye dome) yang dikembangkan oleh penyedia planetarium Digitalis Education. Awalnya merupakan fork dari perangkat lunak popular Stellarium yang telah disesuaikan untuk lingkungan planetarium. Baik Nightshade maupun Stellarium keduanya dikemas bersama distro ini. Celestia dan OpenUniverse yang disertakan, dapat dijalankan dalam planetarium tanpa proyeksi mata ikan. Paket software ini memungkinkan pemirsa untuk mengeksplorasi tata surya dan sekitarnya.

Distro Astro yang dikembangkan di Philipina ini, menyediakan perangkat untuk astrophotography. Kombinasi dari paket Kstars, Ekos, INDI, dan Astrometry.net memungkinkan autoguiding, autofocus, koreksi keselarasan polar, pate solving, dithering, dan capture video dengan dukungan roda filter. Capture software wxAstroCapture ditulis secara khusus dengan pendekatan untuk astronomi. Distro ini mengemas alat seperti Registax, Iris, dan GCX untuk memproses gambar. Alat tambahan termasuk iMerge, Gimp, dan ImageMagick tidak lupa disertakan untuk pemrosesan lebih lanjut.

Untuk analisis data, Distro Astro ini menyediakan IRAF, XGTerm, XImtool, dan SAOImage DS9 untuk memangkas dan memadatkan data analisis astronomi, dan semuanya ini diklaim kompatibel dengan alat-alat penelitian lainnya seperti AIPS, AIPS ++, CASA, dan CIAO meskipun ini tidak disertakan secara default. Pengguna Python, dimanjakan dengan penyertaan AstroPy, NumPy, PyFITS, PyWCS, VOTable, NOVAS dan astrolib.coords. Di lumbung repositori tersedia pustaka Python tambahan, seperti SciPy, CosmoloPy, APLPy, PyEphem, dan perangkat lunak OSCAAR NASA yang dapat di instalasi melalui apt-get.

Distro Astro adalah perangkat lunak yang baik dan berguna untuk pendidikan terutama pembelajaran ilmu perbintangan di kelas. Distro ini menyertakan perangkat lunak desktop planetarium seperti Stellarium dan Cartes du Ciel untuk mensimulasikan posisi bintang dan planet di angkasa luar. Juga ditanamkan built-in database untuk benda-benda angkasa luar yang sangat membantu siswa untuk menemukan informasi tentang obyek langit dari dalam katalog. Simulator gravitasi seperti Planet dan Gravity memungkinkan siswa untuk bermain dengan masa, kecepatan dan orbit.

Selah satu fitur unik lain dari Distro Astro adalah dukungan untuk Nightvision Mode, yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara warna normal dan Nightvision yang bernuansa merah untuk mensimulasikan kegelapan saat menggunakan komputer di malam hari, terutama pada saat melakukan pengamatan. [ Artikel PDF 450kB]

Temukan tautan seputar Distro Astro disini: http://bitly.com/bundles/o_5133k00l05/3f