Apache Software Foundation Rayakan HUT ke-15

15tahun-asf_1230x576

Yayasan Apache Software Foundation (ASF) baru saja merayakan ulang tahun ke-15. ASF mengingatkan arti keberadaan yayasan dalam sebuah rangkuman, dimana ASF secara eksklusif terdiri dari kolaborator para relawan disamping menjadi rumah penginangan untuk berbagai proyek-proyek besar perangkat lunak sumber terbuka terpenting dan telah memberikan dampak luar biasa terhadap dunia teknologi informatika.

Yayasan Perangkat Lunak Apache (ASF) didirikan pada tahun 1999 dengan proyek tunggal aplikasi web server. Saat ini, berdasarkan informasi yang diumumkan ASF, yayasan ini telah memiliki 505 anggota perorangan, disamping 4.081 pengembang yang komit (committers) sebagai kontributor kode. Separuh dari semua unduhan untuk proyek open source, diklaim datang dari proyek dibawah naungan dan diinangkan oleh yayasan Apache, dan sekarang jumlahnya tidak kurang dari 200. Mereka semuanya bernaung dibawah lisensi bebas Apache License 2.0, yang telah memberi kebebasan penggunaan, termasuk kebebasan menggabungkan dengan perangkat lunak berkepemilikan (proprietary). Apache beroperasi didanai oleh sumbangan dari beberapa perusahaan dan sebagai imbalannya menawarkan kepada perusahaan dan pengembang individu sebuah platform yang netral untuk berkolaborasi.

Sejatinya, berdasarkan kronologi perjalanan proyek Apache yang diumumkan ASF, hal tersebut sudah dimulai sebelum tahun 1999. Saat itu Brian Behlendorf mengawali dengan mengumpulkan patch untuk Web Server NCSA-HTTP, yang kemudian diiringi dengan pembentukan “Grup Apache”, terdiri dari delapan pengembang yang kemudian menerbitkan rilis pertama versi 0.6.2  web server Apache pada bulan April 1995. Pada tanggal 1 Desember 1995 lahir Apache 1.0, dan satu tahun kemudian sangat popular dan paling banyak digunakan di dunia maya sebagai server web Apache.

Pada tahun 1999 yayasan ASF berdiri,  sebagai sebuah organisasi nirlaba yang dibebaskan dari pajak. Proyek-proyek seperti Jakarta dan XML merupakan proyek awal lanjutan selain proyek perdana Apache webserver. Disamping itu, landasan pembentukan inkubator juga telah dibahas sejak dini dan hasilnya masih berlaku sampai saat ini. Hal ini berkaitan dengan proyek-proyek yang dikembangkan agar dapat memenuhi persyaratan ASF. Untuk segala upayanya, ASF menerima berbagai penghargaan dan pada tahun yang sama untuk kali pertama menggelar konferensi Apache ApacheCon, dan secara berkala kemudian berlangsung setiap tahunnya sampai saat ini, termasuk perhelatan regional di beberapa benua yang berbeda.

Dalam beberapa tahun ke depan, ASF memproyeksikan penambahan sejumlah proyek baru, seperti Apache Perl melalui Apache Portable Runtime, SpamAssassin, Maven, Struts, Directory, Derby, Lucene, ActiveMQ, OFBiz, CouchDB, Hadoop, Subversion sampai dengan CloudStack. Apache berpartisipasi dalam proses Java Community Process, yang dirumuskan sejak 2002 dan mempublikasikan lisensi Apache pada tahun 2004. Kecuali itu, juga telah membentuk Apache Labs, dimana ide-ide awal dapat diuji tanpa perlu mentaati aturan ASF yang ketat.

Pada tahun 2010, Apache terlibat dalam sengketa dengan Sun dalam kaitannya dengan Java Community Process. Sementara pada tahun 2011 berikutnya, menerima proyek Open Office menjadi proyek inkubator yang diserah terimakan oleh Oracle. Tahun 2012 merupakan ulang tahun ke-17 untuk web server Apache, dirayakan dengan merilis versi 2.4. Dalam empat tahun terakhir, ASF berhasil melipat gandakan jumlah anggota dan karyawannya, dicatat sebagai sebuah pertanda pesatnya pertumbuhan organisasi ini. [Artikel PDF 1MB]

Happy Birthday Apache!