Telah Rilis: FreeBSD 10.1

FreeBSD

Tim pengembangan FreeBSD telah merilis turunan BSD paling popular dalam versi 10.1 dengan penekanan pada stabilisasi generasi versi 10 disamping memperkenalkan beberapa fungsi baru.

FreeBSD 10Dalam FreeBSD 10.1 ini misalnya driver konsol vt menggantikan rekannya Syscons. vt menyediakan pengguna dengan terminal virtual yang mendukung UTF-8 karakter multibyte dan aneka font yang mendukung modus grafis, seperti juga mengintegrasikan driver video KMS yang menyediakan pilihan untuk beralih antara X Window System dan terminal virtual. Hypervisor bhyve kini mendukung 32bit FreeBSD-i386 dan para tamu dapat boot dari sistem file ZFS. Hypervisor virtio API tersedia dalam 64 bit dan membuka kemungkinan untuk mengakses CPU virtual.

Versi baru FreeBSD rilis ini juga mendukung SMP pada kernel ARMv6 dan mendukung banyak komputer papan tunggal (SBC = Single Board Computer) yang memasang prosesor dengan arsitektur ARM, termasuk untuk perangkat Chromebook (Samsung Exynos 5250), Colibri (Freescale Vybrid), Cosmic (Freescale Vybrid), juga IMX53-QSB (Freescale i.MX53), dan Radxa (Rockchip rk30xx) atau Wallboard (Freescale i.MX6). Kecuali itu, FreeBSD juga membekali versi 10.1 ini dengan sejumlah driver untuk platform Texas Intruments seperti untuk BeagleBoard dan PandaBoard disamping untuk beberapa perangkat baru untuk jaringan.

Untuk sistem dengan arsitektur amd64 (x86_64), FreeBSD juga menyediakan cetakan DVD khusus yang mendukung UEFI Boot. Menu pilihan jenis kernel sekarang ditampilkan di Bootlaoder, sementara stack IPv4 dan IPv6 di FreeBSD sudah mampu menangani protokol UDP-Lite. Automounter yang baru juga ditemukan pada autofs di FreeBSD 10.1. Para pengembangnya juga tidak lupa memperbarui banyak paket aplikasi lainnya, termasuk OpenSSH, Sendmail, OpenPAM, OpenSSL atau pada alat manajemen paket pkg. Lebih rinci dijabarkan catatan rilis untuk penerbitan ini.

FreeBSD mendukung beragam arsitektur seperti amd64 (x86_64), i386, ia64, PowerPC, powerpc64, sparc64 dan ARMv6. Untuk FreeBSD 10.1 tersedia, disamping cetakan DVD yang mengandung basis OS, dokumentasi, paket-paket yang dikompilasi untuk workstation grafis, juga cetakan pra-instal untuk mesin virtual (qcow2, VHD, vmdk, raw), termasuk cetakan yang siap untuk dipasang di awan Amazon EC2 dan Microsoft Azure. [Artikel PDF 400 kB]

1 Comment

Komentar ditutup.