Ubuntu MATE 14.04 LTS Sehat Untuk Kompula

Ubuntu MATE Desktop Untuk Kompula

Ubuntu MATE merupakan Remix sistem operasi open source yang diturunkan berdasarkan Ubuntu dan fitur utama MATE, yaitu fork dari lingkungan desktop GNOME klasik sebagai default dan antarmuka grafis tunggal. Banyak yang menklaim distro ini sebagai penjelmaan MATE yang paling indah yang pernah dibuat sampai saat ini! Ubuntu MATE ini tidak hanya berbasis kernel sistem operasi Linux Ubuntu dan dibangun di sekitar lingkungan Desktop MATE yang tampil sangat menarik, namun pada saat yang sama menjadi sistem yang sangat ringan dan sehat untuk “Komputer Usia Lanjut” atau Kompula.

ubuntu-matePengembang turunan Ubuntu dengan “remix” mengintegrasikan lingkungan desktop MATE telah merilis edisi baru untuk Ubuntu dengan “rilis final” dari Ubuntu-MATE 14.04 LTS. Media yang diterbitkan pada 2014-11-11 secara praktis menawarkan basis versi 14.04.1 dari rilis jangka panjang (LTS) Ubuntu Linux “Trusty Tahr” yang menjanjikan jaminan  pembaruan keamanan sampai dengan April 2019.

Menurut Martin Wimpress yang menjelaskan peluncuran versi ini: “Rilis Ubuntu-MATE 14.04 bukan rilis biasa dalam arti bahwa ia didasarkan pada Ubuntu 14.04 dan antarmuka MATE, namun telah ditambahkan beberapa fitur baru dan banyak perbaikan bug. Meskipun rilis dengan kode 14.04, dapat dianggap sebagai versi yang lebih baru dari 14.10. ”

Yang baru dibandingkan dengan versi 14.10 adalah dalam versi 14.04.1 telah ditambahkan MATE-menu  yang diturunkan atau port dari MintMenu dari desktop Cinnamon. Juga aplikasi MATE Tweak hasil dari adopsi MintDesktop. Daftar semua perubahan dan perbaikan lainnya dirinci dalam pengumuman resmi.

Edisi Ini menggunakan tata letak klasik dua-panel dengan cara penggunaan yang yang sederhana, menggunakan menu aplikasi untuk mencari dan membuka aplikasi. Places pada menu digunakan untuk mengakses sistem berkas ( filesystem) lokal dan menu System untuk mengkonfigurasi dan melakukan perubahan tweaking pada OS. Dari panel yang membentang di bingkai bawah layar, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan program atau aplikasi yang sedang dibuka, seraya beralih antara empat ruang kerja virtual yang tersedia.

Aplikasi standar termasuk LibreOffice office suite sebagai aplikasi perkantoran lengkap, Mozilla Thunderbird sebagai klien email dan news, peramban Mozilla Firefox, pemutar audio Rhythmbox dan Totem untuk video, Transmission sebagai torrent downloader, Pidgin sebagai multi-protocol instant messenger, Cheese sebagai webcam viewer, HexChat digunakan untuk IRC client dan Shotwell sebagai penampil dan pengelola gambar.

Distribusi ini dua gambar DVD Live ISO yang dirancang untuk mendukung arsitektur 32-bit (i386) dan 64-bit (x86_64 atau amd64) platform hardware. Distribusi menggunakan Ubuntu bootloader di DVD Live sebagai default, yang membutuhkan sekitar tujuh detik untuk proses booting. [ Artikel PDF 550 kB ] [ Tangkapan Layar: Album Ubuntu-MATE 14.04 ]

Sekilas Tentang Ubuntu MATE:

Ubuntu MATE adalah OS yang stabil, mudah digunakan dengan lingkungan desktop yang telah dikonfigurasi, menurut pengembangnya adalah ideal bagi mereka yang menginginkan hasil desktop maksimal pada PC, laptop dan netbook dan lebih cenderung memilih suasana dan metafora desktop tradisional. Dengan persyaratan perangkat keras yang rendah, Ubuntu MATE sangat cocok, baik untuk workstation modern maupun kompula (komputer usia lanjut).

Ubuntu MATE dibangun dan memiliki sejumlah tujuan dan sasaran, diantaranya adalah:

  • Tersedia untuk semua, tanpa memandang kemampuan menguasai bahasa maupun kemampuan fisik;
  • Mengadopsi peningkatan pada Ubuntu dan desktop MATE;
  • Sebagai alternatif Ubuntu untuk komputer usia lanjut (Kompula) yang kurang bertenaga untuk menjalankan desktop komposit penuh animasi;
  • Menjadi pilihan utama sebagai platform Ubuntu untuk solusi stasiun kerja jarak jauh remote workstation seperti LTSP dan X2Go;
  • Mengembalikan suasana sejuk di era ketika Ubuntu belum berpaling menggunakan antarmuka Unity;
  • Menggunakan tema dan karya seni yang mirip dengan Ubuntu sehingga pengguna segera akrab menggunakan Ubuntu MATE.

Persyaratan Hardware:

Minimum Pentium III 750-megahertz, 512 megabyte (MB) RAM, 8 gigabyte (GB) spasi pada hard disk, Keyboard, Bootable DVD-ROM drive dan Mouse (atau perangkat penunjuk lainnya), adapter video dan monitor dengan resolusi 1024 x 768 atau lebih tinggi, kartu suara atau headphone.

Lebih nyaman direkomendasi menggunakan: Core 2 Duo 1.6-gigahertz, 2 gigabyte (GB) RAM, 16 GB spasi pada hard disk, Bootable USB flash drive, Keyboard dan tetikus, adapter video yang mampu 3D dan layar monitor lebar dengan resolusi 1366 x 768 atau lebih tinggi, kartu  suara atau headphone.