Microsoft Buka .Net Untuk Linux dan OS X

dotNet2015_1230x576

Menyusul upaya Microsoft untuk meng-open-source-kan sebagian besar dari kerangka kerja .Net di awal tahun 2014 lalu, dengan pembebasan compiler Roslyn dan sejumlah perpustakaan .Net di bawah lisensi open source Apache, kini saatnya perusahan yang tadinya berseberangan dengan kubu sumber terbuka, untuk lebih banyak lagi buka-bukaan. Microsoft baru saja mengumumkan bahwa stack server .Net sepenuhnya, termasuk kompailer just-in-time dan runtime, seperti juga semua pustaka core class dan segalanya yang terkait dengan perangkat lunak .Net, seluruhnya di-open-source-kan. Kode yang dijanjikan, rencananya akan diinangkan di GitHub dan diterbitkan di bawah lisensi permisif MIT yang tergolong lebih bebas.

microsof-buka-dotnet_640

Kerangka kerja (Framework) .Net yang kodenya sekarang dibuka Microsoft, rencananya akan dikembangan dalam dua lini. Di bawah nama Net 2015, Microsoft berencana untuk merestrukturisasi kerangka aplikasinya, dimana kerangka .Net Framework 4.6 sebagai penerus langsung dari versi 4.5.2 nantinya menjadi salah satu dari dua lini produk yang dikembangkan. Yang kedua dengan menerbitkan kerangka dengan nama .Net Core 5 yang dijadwalkan hadir di kuartal ke-2 tahun 2015. Kedua komponen inti untuk aplikasi web, dan ASP.Net tersebut, menurut Microsoft akan di-porting ke lingkungan Linux dan Mac OS X. Kecuali itu versi baru dari lingkungan pengembangan Visual Studio 2013 versi Community, sekarang sudah dibebaskan dan diperoleh tanpa biaya.

Untuk komponen yang dibebaskan di bawah lisensi MIT, termasuk perpustakaan class yang kode referensinya sudah ada di Github, disamping kode sumber dari .Net Core 5.0 nantinya bisa ditemukan di tempat penginangan yang sama. Dengan demikian nantinya Apps Windows sudah dapat dikompilasi ke kode asli (Project N) menggunakan .Net Core 5.0.

Baik untuk .Net 4.6 maupun .Net Core 5, tersedia dua compiler baru Roslyn dan Ryujit. Roslyn mendukung C# 6.0 dan Visual Basic 2015, sementara Just-in-Time-Compiler Ryujit yang lebih tangkas dikabarkan mendukung aplikasi 64-bit. Kode sumber untuk Roslyns telah dibuka pada bulan April 2014 lalu dan diintegrasikan ke dalam proyek Mono, yaitu proyek open source klon .Net yang sudah lama memungkinkan lingkungan .Net di wilayah Linux.

Agar dimasa depan .Net berjalan pada semua platform, Microsoft ingin menyatukan kerangka kerja tersebut di bawah koordinator dengan nama proyek One .Net. Turunan .Net sebelumnya, seperti Windows-8.x-Apps dan Windows Phone-8.x-Apps, seperti juga beragam komponen dari Silverlight, baik untuk desktop maupun Windows Phone nantinya semua di-integrasikan menggunakan kerangka .Net Core. Termasuk proyek Xamarin Mono for iOS, Android, dan desktop Linux. Semua komponen open source dari .Net seterusnya akan diperbaharui dan dipelihara melalui situs .Net Foundation.