Linux BlankOn 9 Suroboyo Ingatkan Hari Pahlawan

blankon-9-wall-suroboyo-jalesveva_640

BlankOnProyek BlankOn telah menerbitkan rilis ke-9 dengan nama kode Suroboyo pada tanggal 15 Pebruari 2014 dan versi 9.1 menyambut Hari Pahlawan Nasional dirilis pada tanggal 10 November 2014. Rilis ini telah mendapatkan penyempurnaan, termasuk dukungan perangkat keras lebih banyak dan terbaru. Dengan demikian, pengguna dapat langsung bekerja dan tidak lagi perlu direpotkan dangan memasang penggerak (driver) untuk perangkat kerasnya. Rilis ini juga menyertakan fitur dan aplikasi baru untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna.

Disamping fitur dasar, desktop BlankOn tampil dengan ciri khas, dengan menyematkan fitur-fitur hasil kolaborasi para pengembang BlankOn, seperti Manokwari, Desktop Kontekstual dan lainnya.

Manokwari, adalah desktop yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan teknologi HTML5 dan CSS3. Hal ini memudahkan membuat desktop Manokwari menjadi desktop cantik, modern, ringan dan mudah dimodifikasi untuk diselaraskan dengan kebutuhan khusus.

Desktop Kontekstual, merupakan Desktop dinamis yang disesuaikan dengan perubahan waktu, menjadikan tampilan BlankOn Suroboyo lebih segar dan tidak membosankan.

BlankOn mengemas aplikasi perkantoran terbaru yang lengkap dan handal, mendukung berbagai format berkas perkantoran popular. Mendukung format dokumen terbuka (ODF) yang memiliki ukuran berkas jauh lebih kecil serta lebih aman sesuai dengan standar dokumen nasional (SNI) maupun internasional (ISO).

BlankOn mendukung Multimedia dengan baik, sehingga Anda bisa segera memainkan musik, memutar video dan berkas multimedia sesaat setelah BlankOn terpasang tanpa harus memasang aplikasi lanjutan. Semuanya sudah tersedia, siap pakai.

Mengemas Aplikasi Grafis, BlankOn hadir dengan aplikasi bawaan yang mendukung pengolahan grafis, mulai dengan membuka gambar (gthumb), editor gambar berbasis bitmap (GIMP) hingga editor grafis berbasis vektor (inkscape). Anda akan dengan mudah membuat logo ataupun membuat desain undangan pernikahan, acara sunatan, iklan, brosur, atau kartu nama yang keren.

BlankOn memiliki Warung Aplikasi atau Warsi berupa sebuah lumbung dan pasar aplikasi (Application Center) yang kini lebih cepat, mudah dan lengkap bila Anda ingin memasang aplikasi di BlankOn, menggunakan fitur Warung Aplikasi (Warsi).

Sebuah fitur khusus Geo.BlankOn, adalah platform yang memfasilitasi kegiatan gotong royong digital dalam mengembangkan gugus perangkat lunak dan data geospasial. Platform Geospasial menggunakan peta berlandasan OpenStreetMap ini mendukung beragam sistem operasi dan platform perangkat keras, termasuk perangkat mobile (Android, iOS, BlackBerry 10). Menggunakan Geo.Blankon, dapat dikembangkan beragam aplikasi yang mendukung “konten partisipasi masyarakat” dengan menyediakan berbagai macam data berbasis lokasi seperti titik wisata, titik pelayanan publik, titik banjir, titik kemacetan di jalan raya, pos-pos tilang, serta beragam informasi yang berguna lainnya, dari dan untuk publik.

Fitur Maleo membuat BlankOn bisa menjalankan aplikasi berbasis HTML5 di desktop. Maleo juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis HTML5 agar bisa berjalan baik di desktop maupun di perangkat bergerak.

BlankOn 9.1 Suroboyo diluncurkan di tengah gegap gempita peringatan Hari Pahlawan 2014 oleh Tim Pengembang BlankOn sebagai bentuk memperingati jasa Pahlawan bangsa. Peluncuran produk anak negeri ini sekaligus mengajak masyarakat untuk bangkit dan terus berkarya dengan penuh semangat “kerja, kerja, kerja”  dalam segala kondisi.

Rilis 9.1 ini mendukung arsitektur i386 dan amd64. Bersama rilis ini tim pengembang mengajak masyarakat untuk turut serta berkontribusi dalam proyek BlankOn. Pembaruan fitur-fitur pada rilis BlankOn 9.1 di antaranya adalah:

  • Libreoffice terbaru LibreOffice 1:4.1.5-1blankon0.9.0
  • Perbaikan dukungan berbagi berkas dengan samba versi 2:4.1.4+dfsg-3
  • Tampilan background grub dengan wallpaper BlankOn.
  • Chromium versi terbaru  chromium 32.0.1700.123-2blankon0.9.0.1
  • Tampilan plymouth lebih segar dan terbaru yakni versi plymouth theme 0.5

BlankOn menyarankan spesifikasi minimal untuk perangkat keras minimal, agar dapat menjalankan BlankOn 9.0 dan 9.1 Suroboyo dengan nyaman:

  • CPU 1 GHz, tersedia dalam i386 dan x86_64 (amd64)
  • RAM 1 GB
  • Ruang hard disk 15 GB
  • VGA 256 MB

[ Artikel PDF 330kB]