openSUSE 13.2 “Harlequin” Telah Tiba

OpenSUSE 13.2 Introduction

opensuseOpenSUSE rilis 13.2 telah diluncurkan. Versi ini menyajikan langkah pertama yang mengadopsi pedoman desain baru pada pengembangan openSUSE di segenap jajaran sistem. Versi ini juga membawa cukup banyak perubahan grafis di semua komponen, mulai dari installer, bootloader, daftar urutan boot disamping mendukung serangkaian lingkungan desktop, termasuk KDE, GNOME, Xfce , LXDE, Enlightenment 19, dan MATE. Rilis ini pun menyertakan versi eksperimental dari KDE anyar Plasma 5.1 yang telah disesuaikan dengan gaya baru yang ditampilkan bersama openSUSE 13.2.

Rilis OpenSuse 13.2 dengan nama “Harlequin” ini dikembangkan selama hampir satu tahun sejak rilis versi sebelumnya. Disamping memperbarui semua paket software aplikasi, ia juga melakukan sejumlah perbaikan, terutama pada Installer dan Yast.  Sebagai standar untuk sistem berkas, terpasang file system Btrfs.

Sejatinya versi openSUSE 13.2 ini dapat dikatakan sebagai sebuah rilis akbar yang menyediakan beragam Desktop, termasuk lingkungan utama KDE 4.14 dan GNOME 3.14, disamping desktop umum lainnya seperti MATE, LXDE, dan Xfce. Untuk kali pertama pada openSUSE 13.2 diterapkan proses pengembangannya dengan fase stabilisasi yang lebih pendek. Hal ini dimungkinkan dengan cara pengujian yang ekstensif dan dilakukan setiap hari dalam modus seperti distribusi bergulir (rolling distribution) untuk menciptakan rilis openSUSE yang stabil. Alhasil adalah keseimbangan yang baik antara inovasi dan stabilitas.

Fitur yang telah ditambahkan dalam rilis terbaru ini terhitung cukup banyak, berkat waktu yang cukup panjang tersedia bagi pengembangnya.  Distribusi openSUSE 13.2 mengemas versi kernel Linux 3.16 terbaru sebagai basis dan jika dibandingkan dengan versi Standard, kernel ini memiliki sejumlah peningkatan fitur dan penambahan fungsi. Seperti pada distribusi skala perusahaan SLE (SUSE Linux Enterprise), edisi komunitas ini juga telah menjagokan Btrfs sebagai sistem berkas. Pengembang Chris Mason sebelumnya telah menetapkan “file system” Btrfs ini dalam kategori stabil dan membebaskannya untuk digunakan pada sistem produktif. Sementara Btrfs dimanfaatkan untuk partisi Root, pada partisi Home disediakan sistem berkas XFS.

Perubahan mencolok terlihat saat awal proses instalasi, disamping menunjukkan tampilan yang cukup berbeda dari sebelumnya, juga peningkatan dalam hal fungsionalitas. Pengelolaan jaringan diturunkan dari wicked, sementara Ramdisks awal dibuat menggunakan dracut. Peralihan pemrograman Yast menggunakan Ruby kini telah dirampungkan dan pembaruan juga dilakukan dari sisi penampilannya. Pengelola paket Zypper ditingkatkan ke versi 1.10 dan memungkinkan peningkatan kerjasama dengan RPM 4.11.2 lebih baik. Paket aplikasi utama yang dibawa OpenSuse 13.2 termasuk LibreOffice 4.3.1.2 dan AppArmor 2.9. GCC yang digunakan adalah dari nomor versi 4.8, dengan opsi memungkinkan untuk menginstalasi GCC 4.9. Sebagai untuk Deskop disertakan KDE Frameworks 5 dan Plasma 5, agar pengguna sekarang juga dapat melakukan uji coba terhadap lingkungan KDE masa depan.

Bagi pengguna OpenSuse 13.2 yang mengutamakan KDE sebagai desktop, tersedia paket aplikasi Mozilla Firefox 33.0 dan Konqueror 4.14.2 sebagai browser web. Klien Standard untuk Mail dalam kasus ini adalah kelompok aplikasi KMail; Termine, dan Mails, sementara daftar alamat dikelola menggunakan Kontact sebagai suit PIM.

Untuk Chatting diberdayakan Kopete menjadi messanger multiprotokol, termasuk Choqok sebagai klien Twitter. Sebagai pengelola foto digunakan Digikam 4.3.0, sementara untuk Audio disertakan Amarok 2.8.0, dan Kaffeine 1.2.2 untuk pemutar video. Pekerjaan grafis dapat dilakukan dengan Gimp 2.8.14, dilengkapi dengan kehadiran Panorama-Editor Hugin 2013.0.0. Segudang paket aplikasi lainnya dapat diturunkan dari lumbung Repositori OpenSuse yang cukup lengkap. [ Artikel PDF 725kB ] [ Album Screenshots: KDE dan GNOME ]