Zentyal 4.0: Server UMKM Pengganti Windows Server

Instalasi paket Zentyal

Perusahan pengembang server enterprise berbasis Linux asal Spanyol meluncurkan versi Zentyal 4.0. Edisi baru ini dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan server Linux yang mampu menggantikan server MS-Windows seutuhnya, sekaligus pada versi 4.0 ini menitik beratkan implementasi native dari protokol untuk MS Exchange, termasuk juga interoperabilitas lebih baik dengan Active Directory besutan Microsoft.

Zentyal Server untuk UMKM

Zentyal ditargetkan untuk digunakan UMKM, perusahaan yang sebelumnya terjebak di lingkungan Microsoft dan selama ini menggunakan aplikasi berbasis MS-Windows. Untuk itu Zentyal berupaya menyediakan semua yang dianggap membantu pengguna untuk berpaling dari Windows ke Linux, seperti Samba berikut implementasi Active Directory, layanan pengelolaan berkas dan cetak (File & Print), antar muka grafis untuk konfigurasi, fitur Webserver, Web-Proxy berikut penjaring konten (Internet Sehat), E-Mail dan Groupware, Gateway, Firewall dan Traffic Shaping, layanan-layanan jaringan seperti DHCP dan DNS, FTP, pengelolaan sertifikasi, VPN dan banyak lainnya.

Zentyal 4.0 dibangun menggunakan Ubuntu 14.04.1 LTS sebagai landasannya. Versi ini diyakini dapat disulap menjadi MS Exchange-Server yang mendukung format dan protokol yang digunakan MS-Windows dengan baik, diantaranya adalah PST, RPC melalui HTTP seperti pada MS Outlook Anywhere, Autodiscover, sejumlah domain Mail, MS Outlook 2007- 2013, grup untuk Kalender dan Kontak.

Merujuk pada catatan rilis versi ini, Modul L2TP telah direstrukturisasi dan ditingkatkan. Disediakan, sebuah sistem penyelamat data (Backup) dan Konfigurasi versi bebas untuk Cloud, yang semuanya langsung dapat diakses melalui antar muka sistem pengelola server.

Dengan alasan untuk peningkatan kompatibilitas terhadap server Microsoft, maka beberapa modul telah disingkirkan, termasuk modul untuk IPS (pencegah pencurian), manajemen UPS, Backup, Monitor, RADIUS, WebServer, Roundcube Webmail (digantikan dengan SOGO webmail) dan IPsec (diganti dengan modul baru yang mendukung L2TP saja). Akun gratis Zentyal juga telah dihapus.

Server Zentyal yang memanfaatkan Ubuntu sebagai basis ini, ditawarkan dalam tiga varian. Versi Komunitas tanpa dukungan, yang berada di bawah naungan kisensi GPL, tersedia secara bebas. Versi ini dirilis secara berkala sekali setiap tiga bulan yang disesuaikan dengan status versi Ubuntu Server yang aktual. Versi Enterprise sebaliknya didasarkan pada versi terbaru LTS (Long Term Support) dan untuk itu muncul hanya sekali dalam dua tahun dan dikaitkan dengan langganan layanan berbayar.[  Artikel PDF 230kB: http://bit.ly/13lqW39 ]

Tentang Zentyal: Zentyal adalah server jaringan terpadu yang menawarkan administrasi jaringan komputer yang mudah dan efisien untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Zentyal dapat bertindak sebagai gateway, manajer infrastruktur, manajer ancaman terpadu (unified threat manager), server kantor, server komunikasi terpadu atau kombinasi diantara mereka. Fungsi ini terintegrasi, mengotomatisasi sebagian besar tugas, menghindari kesalahan dan menghemat waktu untuk administrator sistem (SysAdmin). Zentyal dirilis di bawah GNU General Public License (GPL) dan dibangun diatas Linux Ubuntu.