Klon RHEL 6.6 Sebagai CentOS 6.6 Diluncurkan

CentOS 6 Banner

Salah satu klon sistem operasi RHEL yang paling popular CentOS merilis versi 6.6, sekitar dua minggu setelah RHEL versi yang sama diluncurkan. Sebagai produk yang seratus persen kompatibel, CentOS 6.6 seyogyanya membawa fitur dan pembaruan yang sama seperti distribusi Red Hat Enterprise Linux 6.6 yang telah tersedia sejak 14 Oktober 2014 lalu.

centos_300Perbaikan dan peningkatan pada RHEL 6.6: Hampir sebelas bulan diperlukan untuk merampungkan perbaikan RHEL 6.6 setelah versi 6.5 hadir akhir tahun lalu, atau empat tahun setelah generasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 6.0 diluncurkan. Sejak awalnya generasi RHEL 6.0, telah membawa kernel Linux 2.6.32 yang telah di-“vermak” untuk disesuaikan dan ditambahkan fitur baru agar memenuhi spesifikasi sistem operasi skala perusahaan.

Pada versi aktual RHEL 6.6 telah dilakukan perbaikan dan peningkatan seperti dukungan untuk für Remote Direct Memory Access (RDMA) nelalui Ethernet dan menyokong penambahan kartu jaringan 40-Gigabit-Ethernet. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, tersedia modul kernel Open vSwitch. Paket libhugetlbfs kini mendukung perangkat IBM System Z. Yang baru kali ini adalah juga implementasi Socket-Polling di Stack jaringan, disamping serangkaian perbaikan lainnya di kernel.

Perubahan yang dilakukan distribusi ini, disamping perbaikan atas kekeliruan dan peningkatan paket-paket software yang dikemas, adalah sejumlah pembaruan termasuk pad paket hyperv-daemons, yang disamping daemon Hyper-V KVP juga daemon Hyper-V VSS yang sebelumnya berada di hypervkvpd enthaltenen. Dukungan yang disediakan RHEL 6.6 adalah kemungkinan menjadi tamu pada sistem Microsoft Hyper-V Server 2012 R2. Fungsi terakhir ini masih berstatus “Technology Preview” untuk diuji coba.

Perbaikan lainnya mencakup penyelarasan pada Device-Mapper dan peningkatan dukungan untuk Active Directory. Kecuali itu, disertakan fitur Performance Co-Pilot (PCP) pada RHEL versi 6.6 ini.

CentOS 6

Menurut pengembangnya, CentOS 6.6 adalah sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux dalam versi yang sama, walaupun terdapat beberapa penyesuaian dengan target pengguna. [Aritikel PDF 430kB: http://bit.ly/104fKps ]