Ubuntu 14.10 “Utopic Unicorn” Hadir

Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn

Perusahaan di balik Ubuntu, Canonical telah merilis sesuai jawal versi resmi Ubuntu 14.10 “Utopic Unicorn” berikut hampir semua turunan resminya, termasuk desktop dengan Unity, Gnome, Lxde, Xfce, versi server serta mobile dan cloud-varian yang langsung mereka kembangkan bersama komunitas.

Utopic Unicorn

Semua varian memasang kernel Linux berbasis versi 3.16.3 yang telah mengandung peningkatan dukungan untuk arsitektur Power8 dan ARM64, disamping dukungan untuk prosesor Intel generasi lebih baru, perbaikan audio, dan dukungan untuk video encoder Radeon H.264.

Sistem pengamanan AppArmor telah ditingkatkan dengan kemampuan untuk mengatur akses ke Sockets. Sementara Upstart dipertahankan sebagai sistem init default. Kecuali itui systemd yang sedang diuji tim Debian juga bisa diaktifkan melalui pengaturan parameter kernel. Diharapkan nantinya systemd akan menjadi sistem init untuk rilis berikutnya.

Ubuntu 14.10 kali ini juga memperkenalkan “Ubuntu Developer Tools Centre” yang memudahkan pengembangan bila menggunakan Ubuntu. Misalnya, hal ini memudahkan pemasangan semua toolkit Android berikut semua dependensi, dan menjalankannya dengan satu klik. Walaupun pada saat ini hanya mendukung Android, namun diharapkan dapat diperluas untuk Go dan Dart, sebagaimana telah direncanakan.

Pembaruan juga dilakukan pada Oxide, yaitu perpustakaan berbasis Chromium untuk menampilkan konten web. Ubuntu sengaja menciptakan perpustakaan ini untuk memungkinkan pengembang mempertahankan stabilitas Web-engine semasa distro ini mendapat dukungan dan menyarankan semua pengembang untuk menggunakannya.

Untuk kali pertama Ubuntu Server menyertakan Cloud Foundry berikut perangkat lunak lainnya, yang diperlukan oleh perusahaan di seluruh dunia, termasuk Hadoop, Hive, Pig Latin, Elasticsearch dengan Kibana, dan analisis data real-time menggunakan Spark dan Storm, disamping juga memperbaiki Juju. OpenStack telah diperbarui ke versi 2014.2 (Juno) terbaru. Paket lain yang ditawarkan, termasuk cloud-init 0.7.6, Docker 1.2, Libvirt 1.2.8, Qemu 2.1, Cgmanager 0.3.2, LXC 1.1, MAAS 1.7 Beta8, Juju 1.20 dan bcache. Disamping Ubuntu server, juga tersedia cetakan khusus Ubuntu Cloud Images.

Dari sisi desktop, versi Ubuntu 14.10 mendapatkan tidak banyak koreksi. Unity 7.3 yang digunakan, sekarang mendukung monitor dengan resolusi DPI lebih tinggi dan diklaim bekerja lebih baik, disamping menambahkan dukungan untuk “IPP Everywhere”. Banyak paket aplikasi lain menerima perbaikan, dengan mengemas LibreOffice versi 4.3. X-Server versi 1.16, Mesa versi 10.3, seperti juga versi Chromium 38 dan Firefox 33 yang ditemukan bersama rilis kali ini.

Kubuntu 14.10 mengemas versi KDE SC 4.14, yang mengandung banyak perbaikan kecil, dan tidak signifikan. Dalam status evaluasi, dipamerkan Plasma 5, berikut perpustakaan (KDE Frameworks) yang diperlukan. Agar dapat manikmati pertunjukan ini, pengguna harus menyertakan repositori eksternal dan menghapus Plasma 4.

Ubuntu Gnome 14.10 memberdayakan Gnome 3.12, bukan versi yang saat ini ada dan lebih baru, dengan opsi untuk sesi Gnome Klasik. Berdasarkan catatan rilis, disebutkan belum semua komponen dari Gnome 3.12 terintegrasi, namun bila ada bagian yang belum ditemukan, pengguna dapat mencarinya di lumbung repositori eksternal. Untuk itu tersedia Ubuntu Software Center sebagai pengganti bawaan Gnome Software Center.

Xubuntu 14.10 menambahkan panel Plugin “Xfce Power Manager”. Sementara Lubuntu 14.10 pada prinsipnya tidak banyak melakukan pembaruan, dengan alasan bahwa pengembangnya sedang mempersiapkan transisi ke LXQt. Walaupun demikian, dektop ini telah melakukan perombakan pada desain grafis dan memperbarui sejumlah komponen LXDE.

Berkat kernel baru, Ubuntu Studio 14.10 sekarang mendukung perangkat audio dengan colokan Firewire, disamping memperbarui banyak paket aplikasi lainnya. Bagaimanapun juga, untuk keperluan produksi pengembangnya senantiasa menyaranikan untuk selalu menggunakan versi LTS terbaru (saat ini 14.04.1 LTS), atas dasar dukungan tiga tahun, dan tidak hanya sembilan bulan untuk 14.10 ini.
Varian Ubuntu dengan berbagai aplikasi dan adaptasi khusus untuk Tiongkok, yaitu Ubuntu Kylin telah dilengkapi dengan Tema Cina juga telah mendapatkan perbaikan. Ubuntu Kylin memperbarui berbagai program tertentu seperti manajemen sistem grafis dan program konfigurasi Youker Assistant. [ Tautan seputar Linux Ubuntu:  http://bit.ly/1wtLrn0 – Artikel PDF 749kB: http://bit.ly/1zekZCi ]