IGN D9.3: IGOS Nusantara Desktop Diperbarui

IGOS Nusantara Desktop 9

IGOS Nusantara (IGN) Desktop versi 9.3 merupakan salah satu Distro buatan Indonesia yang dikembangkan LIPI dan didukung Ristek. Rilis IGN D9.3 telah tersedia baik untuk prosesor 32bit maupun 64bit. Demi kenyamanan disarankan RAM minimal atau lebih dari 4GB .

IGOS Nusantara Desktop 9

IGN D9.3 memperbarui serta melakukan perbaikan sejumlah fitur, seperti perbaikan bug yang ditemukan pada versi sebelumnya. bersama media varian dengan sembilan desktop D9.3 menyediakan IGNSDK 1.1.5 , termasuk desktop Mate-besar, KDE dan Gnome. Kecuali itu tersedia lembar manual (man pages) di varian sembilan-desktop, sementara varian IGN D9.3 mate-mini dan openbox tanpa lembar manual. Juga ada varian hemat mate-mini plus LibreOffice. Lumbung repositori IGN 9 kini sudah mencapai 11GB /32bit dan 15GB /64bit. IGN-telegram (aplikasi dipanggil dari IGNSDK untuk akses aplikasi telegram dari http://telegram.org) telah melengkapi rangkaian fitur IGN-9.

Log-in IGN-9
Tampilan Layar Log-in

Varian Sembilan Jenis Pilihan Desktop: IGN D9 kaya akan desktop dan untuk itu tersedia media “IGN D9.3 Sembilan Desktop” yang mengemas semua jenis Desktop dalam satu DVD. Daftar Sembilan Jenis Desktop termasuk Cinnamon, GNOME3, KDE, LXDE, MATE, OpenBox, Razor, WindowManager dan Xfce. Tersedianya 9 desktop diharapkan dapat memenuhi beragam selera pengguna menyediakan pilihan berbagai jenis desktop untuk disesuaikan dengan kebutuhan/selera masing-masing. Untuk penggunaan memenuhi selera pada umumnya, pengembanngnya menyarankan untuk memakai desktop MATE, sebuah desktop berbasis versi Gnome yang ringan.

IGN D9.3 memasang kernel Linux 3.16.3 berikut aneka module driver/firmware, agar langsung dapat mengenali beragam perangkat keras yang ada di pasaran Indonesia (motherboard, prosesor, chipset, harddisk, wifi, kartu suara, kartu ethernet, USB2, USB3, Printer, GSM/CDMA Modem, Ethernet, dsb). Paket software aplikasi yang dikemas IGN D9.3 ditingkatkan ke versi terkini, termasuk diantaranya Firefox 33, Libreoffice 4.1.6.2, Pidgin 2.10.9, Inkscape 0.48.4, GIMP 2.8.14, dan emulator aplikasi Wine 1.7.27. Ribuan paket lainnya dapat ditemukan di lumbung repositori. [ Unduh artikel PDF: http://bit.ly/1w9wEQk – Tampilan layar proses instalasi: http://bit.ly/1oSuB2t – Tautan seputar IGOS Nusantara: http://bit.ly/1FR2TYX ]