Red Hat Kokohkan Dukungan OpenStack Akuisisi eNovance

Red Hat mengakuisisi sistem integrator Enovance senilai sekitar 70 juta euro. Jumlah tersebut dibayar dalam dalam bentuk tunai sebesar 50 juta euro dan 20 juta euro dalam bentuk penyertaan saham. Bersamaan transaksi yang diharapkan rampung pada bulan Juni ini, Red Hat memperkuat posisinya di lingkungan OpenStack.  Enovance yang kini berada di jajaran Red Hat adalah perusahaan asal Perancis yang fokus menangani bidang jasa konsultasi dan implementasi untuk OpenStack.

enovance-redhat-2014-06-19_bnr_640

Didirikan pada tahun 2008 oleh  Raphaël Ferreira, Nicolas Marchal and Pierre Molin, eNovance memiliki lebih dari 150 pelanggan di seluruh dunia termasuk Alcatel-Lucent, AXA, Cisco, Cloudwatt dan Ericsson. Perusahaan ini memiliki kantor operasional selain di Paris, juga di Montreal, dan Bangalore. Sebagaimana dicatat oleh analis IDC Laura DuBois dan Ashish Nadkarni dan dikutip dalam siaran pers Red Hat, pada rekap musim semi 2014 OpenStack Summit mereka, disebutkan “Integrator seperti eNovance akan terus membantu penyedia layanan cloud dan perusahaan dalam membangun awan OpenStack skala besar …. “, lebih lanjut disebutkan “Masa depan untuk OpenStack tampaknya sangat cerah. Pada Summit berikutnya di Paris,  OpenStack akan melaju ke tahap berikutnya dalam perjalanannya untuk menjadi sistem operasi komputasi awan de facto.”

Satu tahun sebelumnya, kedua perusahaan telah berkolaborasi membentuk kemitraan untuk platform Red Hat Enterprise Linux OpenStack untuk bersama-sama menyediakan layanan kepada pelanggan. Pada bulan Mei tahun 2014, kolaborasi ini telah diperpanjang untuk memperluas OpenStack untuk Virtualisasi Fungsi Jaringan Network Functions Virtualization (NFV). “Penyedia layanan integrator seperti Enovance membantu dan perusahaan dalam membangun awan OpenStack, seiring dengan pertumbuhan berkelanjutan di segmen ini, ..” dikutip dari tulisan analis IDC Laura DuBois.

OpenStack adalah proyek sumber terbuka yang dikembangkan komunitas, didukung dan dimanfaatkan banyak perusahan besar untuk produk mereka, termasuk oleh Red Hat, IBM, HP, Rackspace, Mirantis, Suse, OpenStack Foundation, eNovance, VMware dan Intel. Versi aktual menyandang nama kode OpenStack Icehouse. [Versi PDF 280KB]