IBM Indonesia Jagokan PowerLinux Fokus di Awan dan Big Data

Bersamaan dengan ajang ‘Technology Conference & Expo 2014‘ yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (17/6/2014), IBM sebagai perusahan kelas dunia yang menggeluti dunia TI lebih dari seratus tahun kembali mengkokohkan komitmennya dengan melakukan inovasi untuk menyediakan produk dan layanan infrastruktur yang disesuaikan dengan teknologi dan kebutuhan terkini. “Dengan memperhatikan faktor Cloud, (Big Data) Analytic, Mobile, Social dan Security” terjadi proses bisnis baru yang menuntut terciptanya infrastruktur teknologi informasi yang harus dikembangkan secara terus-menerus,” ungkap Gunawan Susanto, Presiden Direktur IBM Indonesia.

ibm-technology-2014-2014-06-17_640

Dihadapan ratusan CIO dari berbagai perusahaan dan institusi yang hadir, Gunawan mengindikasikan bahwa peran CIO pada saat telah berubah dan bergeser dari back office ke front office bersama CEO dan CMO merancang strategi perusahaan. Dalam pemaparannya, Gunawan memberikan contoh praktis yang terkait dengan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari dan bisnis baru yang langsung menggunakan layanan Cloud dan membutuhkan penanganan Big Data.

CIO, menurut Gunawan harus turut berinovasi dengan menyediakan infrastruktur yang tangguh dan aman sesuai dengan permintaan pasar. Jadi “CIO bukan harus di back-end lagi, tapi di depan,” jelasnya. Dalam hal ini IBM berjanji akan fokus pada penyediaan infrastruktur, baik untuk perusahaan maupun sektor publik. Sementara itu Country Manager STG, IBM Indonesia, Al Novam Basuki dalam rangka memperkenalkan jajaran server IBM mutakhir, yaitu seri Power8 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan era Cloud dan Big Data.

ibm-open-innovation-platform-2014-06-17_640

Keterbukaan berupa pendekatan “Open Innovation Platform” juga telah menjadi jantung dari ekosistem server yang dikembangkan IBM, menggunakan teknologi Open Source seperti Linux, OpenStack dan KVM, yang semuanya berjalan diatas sistem operasi berbasis Ubuntu, Suse dan Red Hat. IBM menyediakan produk server khusus berupa PowerLinux sebagai hasil menyatukan Power Arsitektur berkinerja tinggi dengan OS open-source Linux. Kombinasi tersebut menghasilkan sistem yang disesuaikan dan mampu menangani data dalam jumlah besar dengan lebih efisien tanpa memerlukan hardware tambahan. Sistem berbasis prosesor IBM POWER ini diklaim menawarkan kehandalan, ketersediaan dan serviceability dengan karakteristik yang tidak umum ditemukan pada keluarga server lainnya dalam menjalankan OS Linux dan aplikasi tingkat mission-critical. [Unduh versi PDF 670KB]