Linux Mint 17 Terbit Dengan Dukungan Jangka Panjang

linuxmint-17-qiana-mate_640

mintPencipta Linux Mint telah meluncurkan rilis ke 17 “Qiana”, sebuah distribusi Linux populer berbasis Ubuntu 14.04 LTS yang mengemas versi terkini dari lingkungan desktop Cinnamon dan MATE.

Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya [PDF 250kB], mulai rilis ini semua edisi Linux Mint, untuk selanjutnya hanya menyediakan edisi yang dibangun berdasarkan versi Ubuntu LTS yang memiliki dukungan jangka panjang. Dengan demikian Linux Mint 17 ini juga akan dipertahankan dan mendapatkan perbaikan maupun peningkatan sampai dengan 2019, sejalan dengan Ubuntu LTS.

Dalam rilis Linux Mint 17, pengembangnya telah melakukan peningkatan dan pembaruan pada sistem Update Manager, dengan menambahkan fitur yang menampilkan informasi lebih lanjut, dan memberikan penampilan yang lebih baik disamping menjadi lebih responsif. Kecuali itu, fitur Driver Manager sekarang bisa menginstal driver bila tidak ada koneksi ke Internet dan paket driver yang diperlukan akan diambil dari (DVD) media instalasi. Antarmuka pengguna juga telah didesain ulang dan kini menyediakan jendela untuk mengakses lumbung sumber paket (Software Sources).

Lebih lanjut, pengembangnya juga telah melakukan peningkatan pada layar login. Bagi mereka yang sekaligus menggunakan lebih dari satu monitor, kali ini dapat menentukan layar mana yang menggunakan MDM secara default. Animasi pada tema default sangat minimal menggunakan beban CPU dan pengguna sekarang dapat mengetikkan nama pengguna yang tidak tertera.

Sebuah alat “Language Setting” yang baru, kini menggantikan semua alat pengaturan bahasa sebelumnya. Hal ini memberikan kemungkinan pengguna untuk menukar bahasa dan menerapkannya di seluruh sistem (systemwide) disamping untuk memasang lebih banyak jenis bahasa. Fitur “Language Setting” tersedia dan menyeragamkan pengaturan bahasa pada edisi yang menggunakan desktop Cinnamon, MATE dan Xfce.


What’s New in Linux Mint 17 (Cinnamon Edition)

Edisi dengan desktop Cinnamon menanamkan versi Cinnamon 2.2 yang telah diperkenalkan sejak bulan April lalu. Intinya, pengembang telah menata ulang dan membersihkan jendela dengan pengaturan sistem baru. Pengaturan “screen saver” dan manajemen daya sekarang diklaim tidak lagi membingungkan pengguna. Tanggal dan waktu dikembalikan ke jendela pengaturan yang lama. Perilaku sudut layar pintar “Hot-Corner” memberikan opsi pengaturan yang lebih rinci.

Sebagai pilihan lain, pengguna dapat menggunakan desktop menggunakan lingkungan MATE yang lebih ringan. MATE yang kini dipasang adalah versi 1.8, dimana tampilan dialog untuk Logout sekarang menunjukkan “progress bar“. Screensaver juga menampilkan tanggal dan waktu. Dengan menekan tombol tengah tetikus, ditampilkan applet volume yang dapat digunakan untuk mematikan suara.


What’s New in Linux Mint 17 (MATE Edtion)

Seperti sebelumnya, media instalasi yang dibawa Qiana pada penerbitan gelombang pertama akan menyediakan DVD yang memasang lingkungan desktop, masing-masing dengan MATE dan Cinnamon, baik untuk arsitektur 32 maupun 64-bit. [Artikel PDF 300KB] dan [Brosur Media PDF 400KB]