Pencipta Linux Terima Penghargaan IEEE Computer Pioneer Award

linus_torvaldSatu lagi penghargaan dimenangkan oleh Linus Torvalds atas prestasi dan dedikasinya sebagai pencipta kernel sistem operasi sumber terbuka berlisensi bebas, yang pengembangannya telah dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan selama hampir 23 tahun.

Linus Torvalds lahir pada tanggal 28 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia. Terdaftar di Universitas Helsinki pada tahun 1988, lulus dengan gelar master dalam ilmu komputer. Pada tahun-tahun sebelumnya Linus banyak menulis aplikasi game. Namun, tesis untuk mengklim gelar M.Sc menggunakan topik yang ia geluti sampai sekarang, berjudul “Linux: Portable Operating System“.

Setelah membeli komputer pribadi dengan CPU Intel 386 inside, ia mulai menggunakan Minix, yaitu sistem operasi rasa Unix yang diciptakan oleh Andrew Tanenbaum untuk digunakan sebagai materi pengajaran, ia pun terinspirasi untuk membuat OS kompatibel Unix yang bisa dijalankan di komputer pribadinya. Mulai saat itu Torvalds memulai membangun komponen sebuah sebuah sistem operasi yang kemudian merupakan kernel baru yang diberi nama Linux. Lebih rinci tentang ihwal Linux dapat ditelusuri dari artikel “Sejarah Linux” di situs ini.

Penghargaan IEEE

IEEE Computer Society kali ini telah memilih Linus Torvalds sebagai penerima kehormatan “IEEE Computer Pioneer Award 2014” sebagai “Perintis dalam pengembangan kernel Linux menggunakan model pengembangan open source”.

Komputer Pioneer Award setiap tahun secara berkala diberikan oleh IEEE Computer Society, sebagai lembaga yang merupakan bagian dari IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan memiliki kekuatan sebagai pendorong utama di balik berbagai standar industri di bidang komputer. Di antara pemenang penghargaan yang diberikan sejak tahun 1981, antara lain termasuk: David J. Wheeler untuk untuk pekerjaan di sekitar pemrograman assembler dan Cuthbert Hurd atas kontribusi awal dalam perkembangan teknologi komputer.

Kacuali penghargaan dari IEEE itu, pengakuan atas prestasi Linus Torvalds telah datang bertubi-tubi dari berbagai institusi di seluruh dunia. Dalam bidang Akademisi, Linus Torvalds menerima status doktor kehormatan di Universitas Stockholm, dan pada tahun 2000 ia juga menerima kehormatan yang sama dari University of Helsinki. Pada bulan Agustus 2005, Torvalds menerima Vollum Award dari Reed College.

Pada tahun 1998 Linus Torvalds diterima di EFF Pioneer Award. Disusul dengan penganugerahan Lovelace Medal dari British Computer Society pada tahun 2000. Dan pada tahun 2001, Linus Torvalds berbagi Award untuk bidang Sosial-Ekonomi Well-Being dengan Richard Stallman (RMS) dan Ken Sakamura.

Tidak hanya itu, pada tahun 2008, Linus Torvalds dilantik menjadi anggota Hall of Fellows oleh Museum Sejarah Komputer di Mountain View, di California. Disusul dengan penghargaan C & C Prize untuk Linus Torvalds yang diberikan oleh NEC Corporation pada tahun 2010 atas “Kontribusi mendorong kemajuan industri teknologi informasi, pendidikan, penelitian dan peningkatan kehidupan umat manusia”.

Millennium Technology Prize juga telah diberikan kepada Linus Torvalds pada tanggal 20 April 2012, yang mengakui Torvalds sebagai salah satu dari dua pemenang “Millennium Technology Prize“, sebuah kehormatan yang secara luas diakui setara dengan penghargaan teknologi kelas dunia dari yayasan Nobel.

Internet Hall of Fame menyampaikan penghargaan pada tanggal 23 April 2012 di konferensi INET Global Internet Society di Jenewa, Swiss, diberikan kepada Linus Torvalds sebagai penghargaan, atau salah satu inductees dalam kategori Inovator pada “INTERNET HALL of FAME INDUCTEES”.

Sekarang tiba saatnya bagi Linus Torvalds untuk menerima pernyataan paling berharga di dunia komputer dari IEEE: “The Computer Pioneer Award”.

Selamat dan sukses untuk Linus Torvalds! [Unduh PDF 200KB]