OSI Selenggarakan Kompetisi Video Multimedia F/OSS

OSI (Open Source Initiative), sebuah organisasi yang khusus dibentuk guna mempromosikan software open source, mengumumkan peluncuran ajang Kompetisi Internasional untuk Software Multimedia Bebas dan Open Source (International Competition in Free and Open Source Software Multimedia disingkat ICOM) yang diorganisai oleh Sekolah Dasar Sena (SK Sena) Malaysia dan Universitas Perlis Malaysia (UniMAP) bersama dengan pemerintah negara bagian Perlis, dan Kementerian Pendidikan Malaysia. Kompetisi ICOM dalam pembuatan video ini, terbuka untuk siswa dari seluruh dunia, mulai dari anak-anak sekolah dasar sampai dengan siswa lembaga-lembaga pendidikan tinggi digelar dengan tujuan utama:

  • Untuk mendorong berpikir kreatif dan kerja sama tim di antara peserta,
  • Untuk mempromosikan penggunaan Free and Open Source Software (F/OSS) secara aktif di bidang pendidikan,
  • Untuk menciptakan sebuah platform sehat dalam kompetisi di antara siswa dan mahasiswa pada tingkat internasional.

Peserta memiliki waktu selama sekitar 3 bulan mulai sekarang sampai akhir Juli (31-07-2014, jam 11.00 wib) untuk merencanakan, shooting, mengedit dan meng-upload dan mengirimkan karya-karya mereka. Mereka dapat memilih untuk mengembangkan drama, liputan berita, video dokumenter atau sebuah pesan layanan masyarakat dengan topik yang terkait dengan pendidikan, komunikasi atau masalah lingkungan.

Semua masukan akan dinilai oleh personil bidang pendidikan dan media dari Malaysia, dan pemenang akan menerima sertifikat dan penghargaan, termasuk beberapa t-shirt OSI yang OSI. Mereka juga akan mem-posting video pemenang di situs OSI.

.
Fitur yang paling menarik dari kompetisi ini adalah bahwa setiap video yang dihasilkan hanya menggunakan perangkat lunak berlisensi open source F/OSS, mulai dari persiapan pra-produksi sampai pasca produksi. Hal ini merupakan salah satu cara yang fantastis untuk mempromosikan kesadaran dalam menggunakan perangkat open source, meningkatkan akses ke teknologi dalam bidang pendidikan, sementara menciptakan program-program inovatif dalam hal mengajar dan belajar. Semua ini sangat diperlukan dalam pemerintahan, pendidikan dan masyarakat. Penyelenggara ICOM juga telah menyusun sebuah katalog aplikasi open source untuk bidang grafis dan produksi video yang dapat diakses di http://icom.sksena.edu.my/downloads-bot.

OSI mensponsori kompetisi ini dan berharap para pendidik dari seluruh dunia akan mengambil keuntungan, tidak hanya kesempatan untuk melibatkan para siswa mereka dalam ajang lintas-budaya, multi- disiplin, bertukar pengalaman dalam pendidikan tingkat internasional, disamping memperkenalkan dan mempromosikan nilai, manfaat dan kualitas perangkat berbasis open source.

Lebih rinci tentang kompetisi pada simak situs khusu “ICOM: Free Software, Free Minds“, atau hubungi penyelenggara langsung di info@icom.sksena.edu.my .