Proyek Pembebasan Dokumen Dimulai

Diwawali oleh ajakan beberapa pengembang yang memiliki tujuan bersama untuk membuat filter yang memungkinkan meng-impor format dokumen masa lalu, termasuk format proprietary, sebuah proyek Pembebasan Dokumen tersebut kini resmi diluncurkan. Perkakas Impor yang ingin mereka hasilkan, tidak terbatas pada file teks, tetapi juga dapat mengolah format grafis dan data DTP.

Format Didukung LibreOffice

Sejumlah pemrogram dari proyek LibreOffice dan kelompok Re-lab, telah meluncurkan proyek Document Liberation Project untuk mengembangkan filter-filter untuk mengimpor format dokumen lama dan yang berkepemilikan. Hal ini menjadi penting ketika pengguna ingin memenfaatkan karya-karya mereka yang terlanjur dibuat dengan format bukan setandar terbuka dan tidak lagi didukung oleh software yang ada pada saat ini.

Sejatinya, tim yang sama juga telah bertanggung jawab atas dukungan terhadap pengembangan filter yang telah mereka implementasikan untuk mengimpor Corel DRAW, Microsoft Visio dan Publisher, disamping untuk Apple Keynote dan Pages. Karena sifatnya open source, semua filter yang dihasilkan tidak terbatas dan secara eksklusif diterapkan untuk LibreOffice, namun juga akan ditemukan pada aplikasi F/OSS lainnya seperti pada Inkscape, Scribus dan Calligra.

Dengan tersedianya perkakas impor, bukan berarti bahwa hasil proyek ini bertujuan untuk melestarikan secara permanen penggunaan format lama. Ide ini menarik bagi perusahaan yang ingin mengamankan koleksi data lama mereka agar tetap dapat digunakan, atau paling tidak dibaca di masa depan. Para pengembang menekankan, bahwa file yang ingin disimpan untuk jangka panjang, sebaiknya tidak menggunakan format tunggal, apalagi bergantung pada vendor yang ulahnya tidak dapat dipastikan. Pada saat ini, proyek ini dipusatkan pada pengembangan format grafis vektor, bitmap dan file teks dan mengerjakan filter untuk PageMaker.