VBB OpenStreetMap Tingkatkan Layanan Transportasi Publik

Salah satu contoh positif pemanfaatan peta open source OpenStreetMap adalah peta hidup (LiveMap) bagi warga pengguna “Jaringan Transportasi Terpadu VBB” (Verkehrsverbunds Berlin Brandenburg) yang beroperasi di wilayah negara bagian Berlin dan Brandenburg di Jerman. Peta hidup yang telah daring tersebut, mempublikasikan kepada warga pengguna angkutan umum, data posisi dari setiap angkutan umum melalui internet yang mudah diakses via ponsel pintar secara real-time.

Peta Hidup VBB 2014-02-18

Walaupun jadwal keberangkatan kendaraan umum pada setiap halte di negara tersebut cukup akurat, kehadiran peta hidup sangat membantu warga dalam mengoptimal waktu perjalanan mereka  lebih efisien dan efektif. Menggunakan peta hidup berbasis OpenStreetMap yang diluncurkan dinas transportasi VBB, ditawarkan data real-time dari beberapa operator transportasi yang satu dengan lainnya “nyambung”, tentang posisi keberadaan dan pergerakan setiap bus, kereta api maupun feri yang sedang beroperasi.

Pengguna yang ingin mendapatkan gambaran tentang lalu lalang kendaraan umum di sekitarnya, maka penampilan peta hidup semacam ini sangat berguna. Dari pada menelusuri jadwal tertera di halte, buku atau situs yang statis, pengguna segera dapat mengambil keputusan menuju halte alternatif yang paling tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Secara real-time juga diperhitungkan keterlambatan dan laju perjalanan dari kendaraan yang diinginkan.  Simak Lalu lintas kendaraan umum di Berlin saat ini secara real-time.

Informasi yang disediakan peta dinamis VBB di kota Berlin, termasuk semua perjalanan transportasi publik saat ini, meliputi 13.000 halte dan stasiun pemberhentian dari sekitar 1.000 trayek di lingkungan VBB terdiri dari kereta regional, S-Bahn (kereta dalam kota), U-Bahn (kereta bawah tanah), trem, bus, feri, termasuk juga transportasi kereta jarak dari dan menuju ke Berlin.

Kecuali itu, peta hidup yang masih berstatus beta ini juga menampilkan jadwal dan ketepatan waktu berhenti di setiap halte. Posisi perjalanan kendaraan yang ditampilkan secara real-time diperhitungkan berdasarkan posisi antara dua halte yang sedang ditempuh.