Platform FixMyStreet: Bantu Pemda Muluskan Jalan Keriting

“Perbaiki JalananKu!” atau Platform FixMyStreet adalah sebuah proyek open source yang dapat membantu dinas pekerjaan umum, komunitas atau siapa saja yang peduli untuk membangun website untuk melaporkan masalah infrastruktur, seperti jalan umum yang “keriting” atau berlubang dan lampu jalan yang padam atau rusak, kepada instansi yang berwenang, sementara tindak lanjutnya dapat dipantau masyarakat.

Perbaiki Jalanan-ku

Pengguna melokalisir masalah menggunakan data, kombinasi dari alamat dan pin yang menandai peta tanpa khawatir tentang proses selanjutnya dan penyampaian pada otoritas sudah benar. FixMyStreet kemudian memroses untuk memungkinkan otoritas atau dinas perbaikan mengidentifikasi jenis masalah dan memprioritaskan menggunakan data lokasi. Hal ini dilakukan dengan mengirimkan laporan, melalui email atau menggunakan layanan web seperti Open311. Intinya, masalah yang dilaporkan adalah transparan dan terlihat oleh semuanya, sehingga masyarakat dapat memantau apakah sesuatu yang telah dilaporkan juga mendapatkan update dari otoritas yang bertanggung jawab. Pengguna juga dapat berlangganan email atau RSS alert yang berkaitan dengan masalah di wilayah mereka masing-masing.

Sistem ini diciptakan pada tahun 2007 oleh lembaga nirlaba mySociety di Inggris dan telah ditiru oleh banyak institusi di seluruh dunia. Platform sumber terbuka FixMyStreet di-inangkan di lumbung GitHub di bawah lisensi GNU/GPL Affero dan saat ini mencapai versi 1.3. mySociety merupakan proyek e-demokrasi terdaftar di Inggris bernama UK Citizens Online Democracy, yang bertujuan untuk membangun alat daring (online) yang terfokus pada masalah kemasyarakatan dengan dampak luring (offline).

NUUG (Norwegian Unix User Group) mendanai pengembangan versi Norwegia yang diluncurkan dalam bentuk layanan “FiksGataMi” pada tahun 2011, yang juga didasarkan pada layanan FixMyStreet besutan mySociety tersebut diatas. Platform open source FixMyStreet dengan kode sumber terbuka, memudahkan adopsi dan memiliki kempuan menangani peta yang berbeda, termasuk OpenStreetMap.

FixMyStreet telah mengilhami situs serupa di negara lain dan diadopsi di secara global termasuk:

Platform dengan fokus pemberdayaan konten partisipasi masyarakat, yang sifatnya lebih universal juga dikembangkan komunitas BlankOn di Indonesia. Geo.BlankOn adalah platform yang memfasilitasi kegiatan gotong royong digital dalam mengembangkan gugus perangkat lunak dan data geospasial. Platform Geospasial menggunakan peta berlandasan OpenStreetMap ini mendukung beragam sistem operasi dan platform perangkat keras, termasuk perangkat mobile (Android, iOS, BlackBerry 10). Menggunakan Geo.Blankon, dapat dikembangkan beragam aplikasi yang mendukung “konten partisipasi masyarakat” dengan menyediakan berbagai macam data berbasis lokasi seperti titik wisata, titik pelayanan publik, titik banjir, titik kemacetan di jalan raya, pos-pos tilang, serta beragam informasi yang berguna lainnya, dari dan untuk publik.