Siapakah Kontributor Linux 2013

Sekali dalam setahun, sejak 2008 (rilis kernel 3.3 sampai 3.10) yayasan Linux Foundation meng-analisa aktifitas repositori daring, lumbung dimana tersimpan kode sumber pemrograman kernel Linux disimpan. Linux adalah kernel dari banyak sistem operasi, baik yang menyandang nama Linux, atau tidak seperti halnya pada Android.

Laporan LF - Kernel Linux 2013

Secara berkala kernel Linux versi stabil dirilis sekali setiap 2-3 bulan, mengemas perbaikan dan penambahan fitur baru, dukungan terhadap hardware baru, dan peningkatan kinerja. Seiring dengan meningkatnya kerumitan kernel, jumlah perubahan pada setiap rilisnya mencapai lebih dari sepuluh ribu penambalan, dan melibatkan lebih dari 1100 pengembang, termasuk 225 perusahan.

Siapa yang membayar pengembangan kernel Linux?
Sementara kontributor relawan masih merupakan pluralitas di antara para pengembang, namun lebih dari 80 persen kode disumbangkan oleh pengembang yang dibayar untuk melakuan pekerjaan mereka. Secara khusus Linux Foundation mencatat pada laporan terakhir, bahwa kontribusi dari perusahaan sektor industri mobile dan embedded system seperti Linaro, Samsung, dan Texas Instruments, telah meningkat.

Siapa yang menulis kode Linux?
Meskipun jumlah pengembang individu sangat besar, tercatat masih relatif kecil jumlahnya yang melakukan sebagian besar dari pekerjaan pembuatan kernel. Sejak rilis 2.6.11, sepuluh pengembang top telah memberikan kontribusi terhadap 30.420 perubahan, atau sekitar 8,4% dari keseluruhannya. Sedangkan tiga puluh pengembang top, memberikan kontribusi lebih dari 18% dari keseluruhannya.

Baca laporan selengkapnya [12 halaman PDF, 275KB] sign-in disini.