10.000 Raspberry Pi Dibagikan Kepada Siswa di Kerala

Raspberry PiDalam rangka meningkatkan melek komputer, dan membangkitkan minat terhadap TI di kalangan siswa sekolah di negara bagian Kerala di India, Pemerintah Kerala setempat akan mendistribusikan 10.000 komputer Raspberry Pi kepada anak didik sekolah pemerintah dan sekolah bersubsidi. Perangkat yang rencananya akan diserahkan pada bulan Mei tahun ini, dibagikan kepada siswa mulai dari kelas 8 sampai kelas 11. Sebelumnya, digelar sebuah proyek percontohan untuk program Raspberry Pi akan diluncurkan yang akan melibatkan 25 mahasiswa di ibukota negara.

Raspberry Pi adalah sebuah komputer papan tunggal (single-board computer) atau SBC berukuran kartu kredit. Ia merupakan komputer yang lengkap, namun dari penampilannya (tanpa kotak) seolah mainan bagi penggemar (hobi) utak-atik elektronik. Sejatinya Raspberry Pi telah dilengkapi dengan semua fungsi layaknya dimiliki sebuah komputer lengkap, menggunakan SoC ARM yang dikemas dan diintegrasikan diatas PCB (papan sirkuit) dengan dimensi 5.5cm x 8.5cm dan ketinggian 2cm. Sifatnya yang kompak, lengkap, multi-guna, mudah dioperasikan dan didukung oleh komunitas yang aktif dari seluruh dunia, merupakan kunci dari suksesnya Raspberry Pi.

Kartu Raspberry Pi dikembangkan di Inggris oleh yayasan Raspberry Pi Foundation dengan tujuan mempromosikan pengajaran ilmu komputer di sekolah-sekolah dasar. Tujuan utama dari perangkat ini adalah untuk membuat siswa melek terhadap software dan hardware. Dengan peluncuran program ini, diharapkan akan menghasilkan setidaknya 100 mahasiswa berprestasi yang akan unggul.

Sejak dini, pemerintah Kerala telah memilih penggunaan software bebas sumber terbuka (free and opensource Software atau F/OSS) dan mengklaim telah melakukan penghematan puluhan ribu dollar, bila dibandingkan solusi proprietari.

Kecuali itu, pemerintah Kerala yang mengutamakan sektor pendidikan, sebelumnya telah melakukan inisiatif IT@ school untuk telah memberi peluang kepada siswa warganya memperoleh keterampilan dibidang teknologi informatika. Proyek IT@ school yang diklaim telah berhasil, melibatkan hardware dan software baru untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 8.100 sekolahan diseluruh wilayah administrasi Kerala.