Gendarmerie Perancis: Desktop Open Source Pangkas TCO 40 Persen

Menurut Gendarmerie Perancis, Desktop Open source mampu memangkas TCO sebesar 40 persen. Dikutip dari presentasi yang dibawakan oleh Stéphane Dumond dari Gendarmerie Perancis, sejak tahun 2008 proses migrasi ke Linux telah dilakukan terhadap 72.000 dari 90000 komputer desktop, dan telah memberikan penghematan TCO tidak kurang dari 40 persen, termasuk melalui pengurangan biaya lisensi perangkat lunak berpemilikan dan penghematan pada biaya manajemen TI.

Gendarmerie Hemat Gunakan Linux

Wartawan TI asal Belgia Gijs Hillenius yang sekaligus merangkap sebagai penanggung jawab atas portal berita “Joinup” milik Komisi Uni Eropa, mengutip pidato Mayor Stéphane Dumond pada tanggal 26 September baru lalu, di ajang konferensi Linux Evento di Lisbon, Portugal, yang mengatakan: “Adalah sangat mungkin untuk menggelar ribuan desktop Linux pada administrasi publik. Kami telah (berhasil) melakukannya…”

Menurut Stéphane Dumond, dengan pemanfaatan desktop Ubuntu secara besar-besaran, telah dipangkas biaya investasi lokal, dan pembebasan dari biaya pungutan lisensi tersebut sebagai akibat langsung dari migrasi desktop ke Ubuntu, adalah hanya puncak dari gunung es. Sebuah desktop open-source dengan standar industri adalah alat manajemen yang ampuh di lingkungan TI. Dari 72.000 Desktop yang direncanakan, saat ini telah beralih ke Ubuntu sebanyak 37.000. Finalisasi proses migrasi direncanakan pada musim panas 2014, dan dengan demikian proyek ini merupakan contoh terbesar penggunaan desktop Linux di sektor publik di Eropa dan mungkin juga di dunia.

Disamping pengurangan biaya TCO yang masif, juga layak disebutkan bahwa dengan migrasi ke open source, sekaligus dianugrahkan kemerdekaan terhadap vendor perangkat lunak. Migrasi desktop yang dilakukan Gendarmerie Perancis juga memungkinkan sepenuhnya melakukan restrukturisasi organisasi TI mereka, disamping menghemat uang waktu dan tenaga kerja. Menggunaan Linux juga memungkinkan pengendalian biaya secara efisien pada saat peluncuran teknologi baru. Seperti semua proyek, sudah barang tentu proyek ini juga memiliki risiko yang besar, namun hal itu dapat dikendalikan dan seimbang dengan keuntungan dari biaya layanan yang lebih rendah.

Dumond yang bekerja di Kementerian Dalam Negeri Perancis, kemudian menjelaskan dalam presentasinya alur proses mulai dari pengambilan keputusan, perencanaan dan pelaksanaan seluruh rangkaian migrasi open source dari awal, saat mereka beralih dari Microsoft Office ke OpenOffice pada tahun 2004, yang sudah berhasil menghemat 20.000 lisensi Office, peralihan peramban menggunakan Firefox pada tahun 2006, kemudian konversi aplikasi desktop secara bertahap, seperti Gimp dan VLC yang juga tersedia juga tersedia bebas untuk Windows di tahun 2007 dan 2008. Pada tahun 2008, tahap percontohan migrasi 5.000 desktop berhasil dilakukan, disusul dengan penyelesaian proyek migrasi besar pertama yang menuntaskan 20.000 desktop pada tahun 2011 dan 10.000 lagi pada tahun 2012. Pada tahun ini, mulai dari Maret sampai Juni dilakukan update pertama untuk peningkatan dari versi Ubuntu 10.04 LTS ke versi 12.04 LTS, yang sepenuhnya dilakukan via jaringan. Strategi TI yang diterapkan sepenuhnya oleh kepolisian Perancis didasarkan pada pemanfaatan solusi open source secara masal, seperti juga penggunaan standar terbuka dan manajemen siklus hidup (Lifecycle-Management) yang terpusat untuk semua aplikasi desktop.

Disamping Spanyol, Italia dan Skandinavia, sebagaimana dipaparkan oleh Gijs Hillenius, sekarang Perancis dapat turut berjejer dalam barisan yang mampu memberikan contoh cemerlang dalam migrasi Open Source di sektor publik.

Terminologi:
Gendarmerie pada prinsipnya adalah militer yang dibebankan tugas-tugas kepolisian di kalangan penduduk sipil. The Shorter Oxford English Dictionary menggambarkan gendarme sebagai “seorang prajurit yang bertugas sebagai polisi” dan “gendarmery,-erie” sebagai “gendarme sebagai sebuah badan”. (Sumber: Wikipedia)