Sepuluh Tahun Proyek Fedora

fedora-10years

Pada bulan September 2003 sepuluh tahun yang lampau, Fedora Project terbentuk untuk menampung kelompok atau komunitas yang kemudian bertanggung jawab atas ketersediaan sistem operasi Fedora. Proyek Fedora adalah hasil penggabungan antara Red Hat Linux (RHL) dan proyek Fedora Linux (yang sebelumnya sudah ada) merupakan proyek yang secara resmi disponsori oleh perusahan Red Hat, Inc.

fedora-10yearsProyek Fedora Linux yang sebelumnya telah berdiri sejak Desember 2002 dibidani oleh Warren Togami, mahasiswa University of Hawaii Computer Science, merupakan wadah untuk pengembangan paket-paket tambahan pada distro Red Hat Linux (RHL 8, RHL 9, FC 1, FC 2) sebelum proyek ini kemudian didaur ulang menjadi Fedora Project sampai saat ini.

Menurut catatan di Wikipedia, Fedora Project didirikan pada tanggal 22 September 2003 tatkala Red Hat memutuskan perubahan Red Hat Linux (RHL) menjadi Red Hat Enterprise Linux (RHEL), sementara sistem operasi berbasis komunitas ditampung oleh Fedora Project untuk menghasilkan distribusi bernama Fedora Core, kemudian Fedora Linux sebagai ajang ujicoba teknologi baru seraya mematangkannya sebelum digunakan untuk RHEL. Apakah tanggal tersebut (22 September) merupakan hari jadi, atau hari berikutnya ketika Michael K. Johnson mengumumkan lahirnya Fedora pada tanggal 23, atau sebagian juga merayakannya pada tanggal 24 September, tidak pernah dan perlu dipersoalkan.

10th Happy Birthday Fedora

Happy Birthday Fedora

Sejak hari jadinya, proyek Fedora telah merilis serangkaian distribusi Fedora Core yaitu: Fedora Core 1 (Yarrow), Fedora Core 2 (Tettnang), Fedora Core 3 (Heidelberg), Fedora Core 4 (Stentz), Fedora Core 5 (Bordeaux), and Fedora Core 6 (Zod). Dilanjutkan dengan nama Fedora (menghapus kata “Core”): Fedora 7 (Moonshine), Fedora 8 (Werewolf), Fedora 9 (Sulphur), Fedora 10 (Cambridge), Fedora 11 (Leonidas), Fedora 12 (Constantine), Fedora 13 (Goddard), Fedora 14 (Laughlin), Fedora 15 (Lovelock), Fedora 16 (Verne), Fedora 17 (Beefy Miracle), Fedora 18 (Spherical Cow), and Fedora 19 (Schrödinger’s Cat). Rilis mendatang Fedora 20 (Heisenbug), dijadwalkan pada tahun ini dalam bulan Desember 2013.