Komunitas Open Source Bersatu Membangun OpenZFS

openZFSSetelah Oracle ambil alih Sun beberapa tahun yang lalu, komunitas Open Source merasa gerah dan tidak lama kemudian mulai menggalang proyek-proyek alternatif berupa cabang pengembangan (fork) seperti LibreOffice untuk pecabangan OpenOffice dan MariaDB untuk MySQL. Termasuk OpenJDK yang juga sejak lama menjadi alternatif untuk Oracle Java. Sementara itu untuk sistem berkas ZFS yang awalnya dikembangkan Sun, baru sekarang terbentuk aliansi pengembang untuk membangun alternatif dengan menyatukan sejumlah proyek-proyek implementasi ZFS bersama-sama dalam satu proyek.

Para pengembang implementasi ZFS masing-masing untuk Linux, Mac OS X, FreeBSD, dan Illumos (penerus OpenSolaris) dan terutama Matt Ahrens, yaitu salah satu dari dua penemu ZFS, ingin langsung menyingsingkan lengan baju dan segera memulai pengembang sistem berkas bersama pada proyek OpenZFS ini. Untuk itu pertama-tama semua dokumentasi disatukan dan diseragamkan, sementara pertukaran informasi antar komunitas baik berupa konferensi, pertemuan di darat maupun di dunia maya diperbaiki dan digalakkan. Mailing list bersama dan Website juga telah eksis.

Sebaigaimana diumumkan di Website resminya tersebut, tujuan komunitas OpenZFS adalah:

  • Untuk meningkatkan kesadaran tentang kualitas, utilitas, dan ketersediaan OpenZFS dengan mengkonsolidasikan dokumentasi untuk pengembang dan sysadmin, disamping melibatkan masyarakat teknologi yang lebih besar melalui konferensi, meetups, dan interaksi online.
  • Untuk mendorong komunikasi terbuka tentang upaya-upaya untuk meningkatkan OpenZFS secara open source, dengan membuat sebuah website kolaboratif dan mailing list untuk mendiskusikan perubahan-perubahan kode OpenZFS.
  • Untuk menjamin kehandalan secara konsisten, fungsionalitas, dan kinerja dari semua distribusi OpenZFS dengan membuat lebih mudah untuk berbagi kode antara platform, dengan memudahkan berbagi kode antar platfor, menciptakan pengujian cross-platform, dan dengan mendorong tinjauan kode cross-platform.

Disamping pemrogram relawan, OpenZFS juga menerima dukungan dari sejumlah perusahan seperti Nexenta, Joyent, Ixsystems, namun juga dari GE Healthcare.