Debian, Selamat Ulang Tahun Ke-20

happy 20th birthday debian

Pada tanggal 16 Agustus 2013, proyek Debian berumur 20 tahun dan pada kesempatan yang sama mengundang semuanya untuk merayakan dan menghadiri pesta ulang tahun akbar yang berlangsung dan dijadwalkan di Swiss, bertepatan dengan ajang acara DebConf13 di Le Camp, dekat desa Vaumarcus:

Selama Perayaan Ulang Tahun Debian, konferensi Debian akan membuka pintu bagi siapa pun yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Debian dan Free Software. Mengundang para pengembira, pengguna, dan pengembang untuk menghadiri seminar setengah hari membicarakan semuanya yang berkaitan dengan Free Software, Proyek Debian, dan sistem operasi Debian.

happy 20th birthday debian

Debian kali pertama diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan-kekasihnya Debra Lynn: Deb dan Ian.

Menurut situs resminya: “Sejak saat itu proyek telah berkembang menjadi salah satu yang terbesar dan merupakan proyek open source paling berpengaruh, tersedia dalam 70 bahasa, dan mendukung sebagian besar jenis arsitektur komputer. Debian menyebut dirinya sebagai sistem operasi universal yang merilis lebih dari 20.000 paket perangkat lunak untuk lebih dari sepuluh arsitektur komputer, mulai dari desktop dan laptop, sampai ke ponsel dan tablet hingga komputasi skala mainframe. Debian telah digunakan sebagai landasan untuk banyak sekali distro Linux lainnya, termasuk BlankOn dan Ubuntu. Ribuan relawan dari seluruh dunia bekerja sama, bahu membahu untuk menciptakan dan memelihara sistem Debian, dan banyak diantaranya untuk memanfaatkan waktu luang mereka.”

Kunci kekuatan proyek Debian adalah basis relawan dan komitmennya untuk menyediakan sistem operasi terbaik. Selain pertemuan debconf, komunitas Linux sejati ini umumnya berkomunikasi melalui Internet, mailing-list dan kamar-chat. Berbeda dengan distro Linux yang setara lainnya, Debian adalah organisasi non-profit yang independen dan tidak didukung oleh sebuah perusahaan komersial tertentu. Dedikasi Debian yang murni mendukung Free Software, bersifat non-profit dan pengembangan model terbuka, membuatnya unik di antara distribusi-distribusi Perangkat Lunak Bebas yang eksis.